Kembali Muncul di Afrika, 9 Orang Meninggal Dunia Karena Terjangkit Virus Marburg
Sumber: Google

Health / 15 February 2023

Kalangan Sendiri

Kembali Muncul di Afrika, 9 Orang Meninggal Dunia Karena Terjangkit Virus Marburg

Aprita L Ekanaru Official Writer
1181

Pada Senin (13/2), Guinea Ekuator telah mengkonfirmasi wabah virus yang diketahui sangat menular dan mematikan yang mirip dengan virus Ebola. Kembali muncul di Afrika, 9 orang meninggal dunia karena terjangkit virus Marburg. WHO sedang bekerja sama dengan otoritas kesehatan setempat untuk mengambil tindakan pencegahan dan memeriksa penyebaran virus.

Walaupun wabah virus Marburg di Guinea Ekuator terdengar sangat menakutkan, langkah-langkah cepat telah diambil oleh PBB untuk mengendalikan penyebarannya. Dalam rangka menentukan penyebab penyakit tersebut, sampel dari Guinea telah dikirim ke laboratorium di Senegal. WHO telah merinci 16 kasus lain yang diduga berkaitan dengan virus Marburg, dengan gejala seperti demam, kelelahan, diare, dan muntah. 

 

Baca Juga: Penyakit Langka 'Flu Tomat' Menjangkit Hampir 100 Anak -anak Di India

 

WHO telah mengambil tindakan cepat untuk membantu pejabat kesehatan di Guinea dalam mengendalikan wabah virus Marburg, dengan mengirimkan ahli medis terlatih untuk memberikan bantuan di lapangan dan mengirimkan alat pelindung diri bagi para pekerja kesehatan yang berjuang keras melawan virus ini.

Virus Marburg sangat mematikan serta belum memiliki vaksin atau obat yang resmi untuk mengobatinya. Namun, perawatan rehidrasi dapat membantu meringankan gejala dan meningkatkan peluang bertahan hidup. Tercatat dalam wabah tahun 2004 di Angola, virus Marburg telah membunuh 90% dari 252 orang yang terinfeksi. Tahun lalu, terdapat dua laporan kematian Marburg di Ghana, sehingga pencegahan dan pengawasan sangat penting untuk mencegah penyebaran virus ini.

 

Baca Juga: Jangan Buru-buru Panik! Ini yang Perlu Anda Tahu Soal Omicron XBB dan XBC

 

Meskipun telah terbukti sangat mematikan, virus ini belum berpotensi menjadi pandemi, namun dunia harus tetap perlu waspada. Sampai saat ini belum ada vaksin yang dapat mencegah virus Marburg, dan hal ini membuatnya menjadi ancaman yang nyata bagi kesehatan masyarakat global. Oleh karena itu, upaya pencegahan dan pengawasan harus terus ditingkatkan untuk menghindari penyebaran virus ini dan mencegah terjadinya wabah yang lebih besar di masa depan. Selain itu, penelitian dan pengembangan vaksin serta obat-obatan yang efektif untuk mengatasi virus Marburg juga perlu terus dilakukan.

Sumber : detik health
Halaman :
1

Ikuti Kami