Penyakit Langka 'Flu Tomat' Menjangkit Hampir 100 Anak -anak Di India

Health / 30 August 2022

Kalangan Sendiri

Penyakit Langka 'Flu Tomat' Menjangkit Hampir 100 Anak -anak Di India

Aprita L Ekanaru Official Writer
596

Belum selesai dengan Covid-19 dan virus cacar monyet, baru-baru ini kembali ditemukan penyakit langka di India. Penyakit baru ini berasal dari virus yang disebut flu tomat atau demam tomat. Awalnya, virus ini mulai menginfeksi anak berusia di bawah 8 tahun. Tercatat sejak akhir Juli, hampir seratus anak-anak balita di India telah terinfeksi flu tomat.

Mengapa penyakit baru ini dinamakan flu tomat? Profesor Vasso Apostolopoulos dari Universitas Victoria memberikan penjelasannya.

"Ini tidak ada hubungannya dengan tomat atau makan tomat," ungkap Apostolopoulos dikutip dari ABC Net.

Namun penyakit ini menyebabkan lepuh merah dan nyeri di sekujur tubuh. Ada juga lepuhan luka yang tumbuh sebesar tomat dan berwarna merah.

Pemerintah federal India telah mengeluarkan imbauan ke seluruh negara bagiannya. Penyakit flu tomat ini banyak ditemukan di negara India bagian selatan tepatnya bagian Kerala dan Tamil. Di Kerala, flu telah terdeteksi dan menyebar di beberapa Distrik, salah satunya adalah Distrik Kollam yang berbatasan dengan negara bagian Tamil Nadu yang juga telah terinfeksi oleh flu.

Polisi dan para petugas kesehatan telah membuat pos-pos pemeriksaan. Jika ada yang mengalami demam dan gejala lainnya agar dapat menekan penyebaran penyakit.

Dalam imbauan yang diberikan pemerintah pusat pada Selasa (23/8/2022), virus flu tomat tidak hanya menyerang anak-anak tapi juga dapat terjadi para orang dewasa.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->>

Sumber : idntimes.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami