Jangan Buru-buru Panik! Ini yang Perlu Anda Tahu Soal Omicron XBB dan XBC

Health / 4 November 2022

Kalangan Sendiri

Jangan Buru-buru Panik! Ini yang Perlu Anda Tahu Soal Omicron XBB dan XBC

Lori Official Writer
428

Virus Covid-19 terus berevolusi. Saat ini para ilmuwan menemukan penyebaran dua varian virus terbaru yaitu Omicron XBB dan XBC. 

Seperti disampaikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), evolusi virus Covid-19 Omicron XBB awalnya terdeteksi di India pada pertengahan Agustus 2022 lalu. Kini varian ini diketahui telah menyebar di sebanyak 28 negara. 

Virus XBB sendiri merupakan mutasi virus Omicron varian BBA.2.10.A dan BA.2.75. Dibandingkan dengan omicron sebelumnya, virus XBB diketahui jauh lebih cepat menyebar karena memiliki kemampuan menerobos antibodi yang  terbentuk dari kombinasi infeksi dan vaksinasi.

“XBB ini memiliki kemampuan dalam menerobos antibodi atau mekanisme pertahanan tubuh yang terbentuk dari kombinasi terinfeksi dan vaksinasi,” ungkap Ahli Epidemiologi dari Griffith Universitas Australia, Dicky Budiman.

 

Baca Juga:

Masuk Indonesia, Kasus Pertama Omicron BA.2.75 Ditemukan di Dua Kota Ini

Gelombang Omicron Akan Melampaui Puncak Delta, Apa Kata Kemenkes?

 

Sementara varian XBC lainnya merupakan rekombinasi dari varian Delta (B.1.617.2) dan Omicron BA.2. Berbeda dengan XBB, varian XBC dinilai akan menyebabkan gejala yang sedikit lebih berat. 

Ketua Satgas Covid-19 Erlina Burhan menyampaikan bahwa varian XBC ini kemungkinan bisa menyebabkan gejala berat seperti anosmia dan ageusia seperti yang disebabkan oleh varian delta. Namun kabar baiknya adalah gejala pada varian XBB dan XBC ini tidak lebih buruk dari varian Omicron sebelumnya. 

Adapun gejala yang dialami pasien terinfeksi virus XBB dan XBC, meliputi:

  • Demam dan badan menggigil
  • Kelelahan kronis dan nyeri tubuh yang meluas
  • Sakit kepala yang konsisten
  • Batuk
  • Sakit tenggorokan
  • Sesak napas atau kesulitan bernapas
  • Gangguan pernapasan, hidung tersumbat
  • Kehilangan indra penciuman
  • Mual dan muntah serta
  • Diare

Di Indonesia sendiri, kasus Omicron XBB telah mencapai 12 orang per 3 November 2022. Kasus ini merupakan trasmisi dari dalam dan luar negeri yaitu Singapura. Sementara sampai hari ini kasus XBC baru terjadi di Filipina dengan sebanyak 193 kasus.

Untuk tetap waspada, Anda perlu tetap mematuhi protokol kesehatan, melakukan 3M dan segera melakukan tes Covid-19 untuk mengetahui kondisi Anda dan mengambil langkah pengobatan yang tepat.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami