Menerapkan Frugal Living, Mulai Darimana Dulu?

Finance / 9 February 2023

Kalangan Sendiri

Menerapkan Frugal Living, Mulai Darimana Dulu?

Aprita L Ekanaru Official Writer
2405

Gaya hidup frugal living mulai banyak diminati belakangan ini, semenjak adanya masa pandemi. Di dalam kondisi yang tidak pasti, masyarakat semakin tersadarkan bahwa mengumpulkan dana darurat lebih penting daripada menghamburkan dana untuk membiayai gaya hidup.

Secara sederhana, frugal living dimaknai sebagai gaya hidup hemat atau irit dalam pengeluaran agar dapat menabung uang lebih banyak. Tidak sedikit, masyarakat yang menjalani frugal living disebut pelit. Padahal frugal living yang sebenarnya lebih luas daripada itu. Frugal Living dimaknai sebagai konsep dimana seseorang mengalokasikan dana yang dimiliki dengan kesadaran penuh (mindfull), dengan pertimbangan dan analisis yang baik disertai dengan strategi pencapaian tujuan keuangan masa depan yang jelas.

 

BACA JUGA: Ingin Cepat Pensiun Dini? Intip Prinsip Hidup Frugal Living Beserta Tipsnya Berikut

 

Jika Anda baru ingin memulai menerapkan konsep hidup frugal living, beberapa langkah praktis ini dapat Anda lakukan sebagai langkah awal:

1. Buat daftar pengeluaran dan catat pengeluaran

Awalnya mungkin akan terasa sangat berat menulis budget bulanan dan pengeluarannya. Namun dengan cara ini, Anda dapat mengetahui kemana saja dana Anda selama ini teralokasikan. Sehingga Anda dapat mengendalikan keinginan dan meprioritaskan kebutuhan saja.

2. Tunggu hingga 24 jam sebelum memutuskan membeli barang

Melakukan metode ini membuat Anda berpikir dan dapat membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Jika setelah 24 jam Anda masih memikirkan barang tersebut, kemudian memutuskan untuk membeli barang tersebut, rasa kepuasan yang didapatkan akan terasa berbeda. Sebaliknya, jika Anda lupa setelah 24 jam artinya barang tersebut tidak terlalu penting dan dibutuhkan untuk Anda beli.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA >>

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami