Ditemukan Batu dengan Tulisan Kuno yang Mengacu pada Tulisan Raja Daud
Sumber: faithwire.com

News / 31 January 2023

Kalangan Sendiri

Ditemukan Batu dengan Tulisan Kuno yang Mengacu pada Tulisan Raja Daud

Claudia Jessica Official Writer
1709

Para peneliti di Museum Louvre di Paris telah memastikan bahwa teks pada batu kuno yang dipajang di sana, Batu Moab, juga dikenal sebagai Prasasti Mesha, mengacu pada Raja Daud dalam Alkitab.

Batu Moab tersebut berasal tahun 840 SM dan ditemukan terfragmentasi, pada tahun 1868, di wilayah Moab di Yordania, sekitar 15 mil sebelah timur Laut Mati.

Sayangnya batu tersebut mengalami kerusakan pada tahun 1869. Namun para arkeolog sebelumnya telah membuat kemiripan teks dengan mesin kertas yang ditulis dalam bahasa Moab. Bahasa Moab diketahui sudah punah, dan menggambarkan peristiwa-peristiwa dalam Kitab Raja-Raja dari Perjanjian Lama.

 

 

BACA JUGA: Penemuan Siswa Menengah Ini Mengejutkan Pemandunya, Batu Kuno Berusia 3000 Tahun di Israel

 

Prasasti tersebut memuat frasa seperti “Rumah Daud” dan “Altar Daud”, tetapi kerusakan pada permukaan batu membuat terjemahan teks yang akurat menjadi sulit.

Dengan menggunakan teknologi yang lebih baru, termasuk meningkatkan teknik dalam fotografi digital, para peneliti memverifikasi bahwa teks tersebut merujuk pada Raja Daud dalam Alkitab.

Batu Moab yang tingginya sekitar 3 kaki kali 2 kaki lebarnya dan dipahat dari basal hitam. Di atasnya tertulis perbuatan Raja Moab Mesa, termasuk pertempuran teritorial melawan Yehuda, Israel, dan Edom.

Gambaran Rumah Daud di atas batu hanya lima huruf, BTDWD, yang dalam bahasa Ibrani merujuk pada BT atau Beit (Rumah) dan DWD (David).

Referensi dalam Alkitab ditemukan dalam 2 Raja-Raja, Bab 3.

 

 

BACA JUGA: Anak 11 Tahun Menemukan Koin Kuno Yerusalem yang Mungkin Telah Dicetak di Temple Mount

Sumber : faithwire.com
Halaman :
1

Ikuti Kami