WFO atau WFH? Simak Kelebihan dan Kekurangannya Agar Tetap Produktif (PART 1)

News / 19 January 2023

Kalangan Sendiri

WFO atau WFH? Simak Kelebihan dan Kekurangannya Agar Tetap Produktif (PART 1)

Aprita L Ekanaru Official Writer
534

Sejak masa pandemi, sistem kerja secara work from home (WFH) menjadi sangat populer di kalangan para pekerja. Namun seiring berjalannya waktu, masa pandemi akhirnya mulai berlalu dan pemerintah kembali mengizinkan aktivitas kerja kembali di kantor atau work from office (WFO). Meski begitu, masih ada beberapa manajemen perusahaan yang mengizinkan karyawannya bekerja dari rumah.

Baik WFH maupun WFO, keduanya memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. Sebelum menentukan sistem kerja yang efektif untuk Anda, mari terlebih dahulu kita simak kelebihan dan kekurangan dari sistem kerja WFO dan WFH, sebagai berikut:

WORK FROM HOME

Meskipun WFH termasuk dalam budaya baru, namun banyak managemen perusahaan yang mengalami keberhasuilan ketika menerapkannya.

Menurut penelitian McKinsey terhadap pekerja di Amerika Serikat yang dipublikasikan pada Juni 2020, diperoleh bahwa 80% pekerja lebih menyukai WFH dan 20% lebih menyukai WFO. Sebanyak 41% pekerja merasa lebih produktif saat WFH dan 28% merasa memiliki produktivitas kerja yang sama besar, baik dengan WFH ataupun WFO. Kebanyakan pekerja merasa lebih produktif saat WFH karena mereka tidak perlu melakukan perjalanan panjang ke kantor, tidak mengalami stres akibat macet di jalan, sehingga merasa lebih segar untuk bekerja. Pekerja yang memilih WFH juga merasa lebih menikmati hidup, karena memiliki fleksibilitas.

 

BACA JUGA: Sama-sama Work From Home, Begini Biar Suami Istri Tetap Fokus Kerja Tanpa Gangguan

 

Kelebihan WFH:

  • Menghemat uang dan waktu perjalanan

Bekerja WFH jelas lebih menghemat uang untuk biaya transportasi menuju ke kantor, serta dapat menghemat waktu dan mencegah karyawan datang terlambat bekerja. Apalagi bekerja di kota besar seperti Jakarta, banyak karyawan yang harus menghabiskan waktu berjam-jam untukm menuju ke kantor.

  • Jadwal kerja yang fleksibel

Jam kerja ketika WFH tidak lagi sesuai dengan jam kantor. Karyawan yang WFH dapat menyelesaikan pekerjaannya kapan saja, asalkan tidak melanggar deadline.

 

BACA JUGA HALAMAN SELANJUTNYA >>

Sumber : Allianz | Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami