WFO atau WFH? Simak Kelebihan dan Kekurangannya Agar Tetap Produktif (PART 1)

News / 19 January 2023

Kalangan Sendiri

WFO atau WFH? Simak Kelebihan dan Kekurangannya Agar Tetap Produktif (PART 1)

Aprita L Ekanaru Official Writer
1820

 

  • Kesehatan mental lebih baik

Saat karyawan bekerja tanpa pengawasan bos secara langsung ternyata dapat mengurangi tekanan dalam bekerja. Karyawan yang WFH juga tidak perlu stress menghadapi masalah di luar pekerjaan, sepertri jalanan yang macet.

  • Risiko penyakit berkurang

Bertemu dengan banyak orang diperjalanan dan orang lain di kantor membuat resiko terkena virus lebih tinggi. Jika bekerja di rumah, asupan makanan yang dikonsumsi juga menjadi lebih sehat dibandingkan saat WFO. 

  • Menikmati keseimbangan hidup

Karyawan yang WFH dapat merasakan kehidupan yang lebih seimbang karena memiliki banyak waktu yang dihabiskan bersama keluarga tercinta. 

  • Lebih produktif

Meskipun bekerja dari rumah, banyak karyawan yang merasakan peningkatan produktivitas karena dapat bekerja dengan lebih optimal tanpa kendala kemacetan, tekanan mental, atau masalah internal dengan sesama karyawan.

 

BACA JUGA: WFO atau WFH? Simak Kelebihan dan Kekurangannya Agar Tetap Produktif (PART 2)

 

Kekurangan WFH:

  • Lemahnya ikatan sosial tim kerja

Meskipun bisa terkoneksi secara virtual dengan karyawan lainnya saat WFH, namun komunikasi yang terjalin tidak sebagus saat bertatap muka secara langsung.

  • Produktivitas turun

Jika ada karyawan yang lebih produktif saat WFH, ternyata ada juga karyawan yang mengalami penurunan produktivitas karena merasa tidak bisa bekerja dengan tenang ketika berada di rumah. Banyak hambatan yang harus dilalui saatr WFH seperti anak yang menangis, suasana yang berisik, ko neksi internet yang tidak memadai dan masih banyak lagi.

  • Burnout

Managemen waktu yang buruk saat bekerja dari rumah dapat menyebabkan karyawan menjadi burnout. Pekerjaan menjadi lebih berat karena jadi bekerja sepanjang waktu tanpa batasan.

  • Boros biaya

Walaupun biaya transportasi berkurang ketika WFH, tapi ada biaya lain yang harus diperhitungkan seperti biaya listrik yang bertambah karena AC, laptop/komputer dan lampu menyala lebih lama.

 

Sumber : Allianz | Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami