Roh Kudus adalah Sumber Sukacita dan Penuntun Hidup Kita
Kalangan Sendiri

Roh Kudus adalah Sumber Sukacita dan Penuntun Hidup Kita

Hermanto Nugroho Contributor
      1118

YOHANES 16:23-24

Dan pada hari itu kamu tidak akan menanyakan apa-apa kepada-Ku. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikan-Nya kepadamu dalam nama-Ku. Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatupun dalam nama-Ku. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu.

 

Bacaan setahun : Mazmur 90; Lukas 11; 2 Raja-raja 36:1-8

Perumpamaan yang Tuhan Yesus sampaikan terkadang tidak mudah dimengerti oleh para murid. Membuat dahi mereka berkerut, saling menatap bingung, dan bergumam lirih sambil mata tidak fokus tanda tidak mengertiNamun saat para murid bertanya, Tuhan Yesus memaparkan jawabannya dengan perkataan lebih sederhana lagi sehingga mudah dipahami oleh mereka. Senang rasanya bisa bertanya pada sumber kebenaran dan dengan senang hati juga Tuhan menjawab setiap pertanyaan para murid.

Ada saatnya para murid tidak bisa lagi bertanya langsung kepada Yesus. Pada Yohanes 16: 23, memberi tahu kepada kita “Dan pada hari itu kamu tidak akan menanyakan apa-apa kepada-Ku”. Ayat ini bertalian dengan Roh Kudus yang akan memberikan jawaban setiap pertanyaan yang tidak kita mengerti. Bahkan sebelum kita bertanya, Ia sudah mengilhamkan jawabannya. Bersama Roh Kudus, kita akan memahami rahasia-rahasia Injil karena pengertian kita sudah dibukakan.

Petrus pergi bersama orang suruhan Kornelius (Kis 10:20). Karena Roh Kudus yang mengilhamkan hal itu kepadanya dan dia percaya, Petrus pun pergi.

Terkadang dalam hidup ini ada hal-hal yang sulit untuk kita mengerti. Namun kita bisa meminta dalam doa, agar Roh Kudus membimbing dan memberitahu maksud serta tujuan sesuatu terjadi, sehingga tidak ada kata misteri bagi orang percaya. Ia pasti menolong dan memampukan kita. Mintalah dalam doamu untuk hal yang tidak kita mengerti. Memohonlah kepada Allah agar hikmat-Nya dicurahkan atas kita.

Kesukaan besar terjadi saat kita mengetahui kemana kita harus melangkah. Damai sejahtera terjadi saat kita mengetahui bahwa Ia berjalan bersama dengan kita. “Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatu pun dalam nama-Ku. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu.” Yohanes 16: 24

 

Roh Kudus adalah sumber sukacita saat kita melakukan kehendak dan rencana-Nya. Dialah jawaban dan sukacitamu akan penuh karena bersama-Nya.

Ikuti Kami