Tips Kendalikan Keuangan Saat Promo Black Friday Menyerbu
Sumber: Tirto

Finance / 29 November 2022

Kalangan Sendiri

Tips Kendalikan Keuangan Saat Promo Black Friday Menyerbu

Lori Official Writer
771

Di negara Barat, sehari setelah perayaan Thanksgiving biasanya disebut dengan Black Friday. Ini adalah hari belanja dimana semua orang berlomba mendapatkan barang promo terbaik. 

Namun Black Friday juga disebut sebagai awal dari musim Natal. Yang artinya musim liburan adalah musim berbelanja. 

Jika tak bisa mengendalikan diri, pengeluaran Anda akan membengkak dan mempengaruhi keuangan Anda. 

Sebagai orang Kristen, bagaimana seharusnya kita mengendalikan keuangan tanpa harus gigit jari di akhir bulan?

Di musim liburan menyambut Natal ini, lakukan beberapa tips berikut untuk mengamankan keuangan Anda dari belanja berlebihan.

Buat Daftar Belanja 

Sebelum pergi ke mall atau supermarket, akan lebih baik untuk lebih dulu membuat daftar belanja. Hal ini berguna untuk menghindari kelebihan pembelian. 

Tips lain yang juga berguna adalah lebih memilih berbelanja online dan mencari barang-barang keperluan dengan harga miring.

 

Bandingkan Harga di Beberapa Toko

Anda bisa mendapatkan barang original dengan harga miring. Karena itu pastikan untuk lebih dulu membandingkan harga di beberapa toko yang menjual barang yang sama. Jangan terburu-buru memutuskan karena bisa jadi diskon barang di toko sebelah jauh lebih tinggi dan menghemat pengeluaran Anda.

 

Baca Juga: Waspadai Tawaran Black Friday, Orang Kristen Harus Punya Gaya Hidup Beda!

 

Alokasikan Keuangan Untuk Hal Terpenting Saja  

Banyak promo bukan berarti kita bisa membeli apa saja yang ditawarkan oleh marketplace. Di sini kita perlu bijaksana menentukan apa saja kebutuhan yang perlu kita penuhi. Setelah kebutuhan pokok terpenuhi, baru Anda bisa memenuhi keperluan lain seperti pakaian, perhiasan, kado dan sebagainya.

 

Apakah Anda diharuskan untuk belanja di Black Friday atau hari libur?

Tentu saja tidak! Ini adalah satu hari yang diciptakan manusia untuk mendapatkan promo dan keuntungan dari produk yang mereka jual. Sebagai pengelola keuangan yang dipercayakan Tuhan, kita diberi mandat untuk memakai uang dengan bijaksana. 

Alkitab sendiri berbicara banyak tentang topik uang, cara bijak memakai uan, mengelola dan menyalurkannya. Jadi kita perlu memahami beberapa ayat Alkitab seputar penggunaan uang ini.

Amsal 21: 20Harta yang indah dan minyak ada di kediaman orang bijak, tetapi orang yang bebal memboroskannya.

 

Lukas 12: 15Berjaga-jagalah dan waspadalah terhadap segala ketamakan, sebab walaupun seorang berlimpah-limpah hartanya, hidupnya tidaklah tergantung dari pada kekayaannya itu.

 

Lukas 12: 34Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada.

 

Baca Juga: Merasa Tak Boros Tapi Uang Ludes, Yuk Kurangi 4 Kebiasaan Ini

 

Kisah Para Rasul 20: 35Dalam segala sesuatu telah kuberikan contoh kepada kamu, bahwa dengan bekerja demikian kita harus membantu orang-orang yang lemah dan harus mengingat perkataan Tuhan Yesus, sebab Ia sendiri telah mengatakan: Adalah lebih berbahagia memberi dari pada menerima."??

 

1 Timotius 6: 6Memang ibadah itu kalau disertai rasa cukup, memberi keuntungan besar.

 

1 Petrus 4: 10 –  Layanilah seorang akan yang lain, sesuai dengan karunia yang telah diperoleh tiap-tiap orang sebagai pengurus yang baik dari kasih karunia Allah.

 

Sebagai pengelola yang baik, di bulan Natal ini yuk menyisihkan sebagian dari penghasilan yang Anda dapatkan untuk memberkati orang lain. Anda bisa menjadi berkat bagi generasi anak di bangsa ini dengan cara menjadi mitra CBN. Yuk bagikan harapan atas mereka dengan klik link di bawah.

 

DONASI UNTUK GENERASI

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami