Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Inta

Official Writer
1121


Pasti deh setiap kita pernah mengalami saat dimana tiba-tiba dompet menipis padahal kita nggak merasa belanja apapun. Kok kayaknya nggak ada tas, baju, atau sepatu yang dibeli, tapi uang gajian bulan ini sudah ludes. Buat yang pernah merasakan hal di atas, kita wajib banget nih mengenali 4 cara yang sering dianggap sepele, tapi sebenarnya bikin uang di dalam dompet kian menipis. Yuk simak di bawah ini.

1. Kebiasaan mampir ke coffee shop

Hayo ngaku, buat kita yang rajin banget ngopi cantik, kebiasaan satu ini tanpa sadar bikin kantong bolong, lho. Coba deh kalau kita hitung-hitung, setiap cangkir kopi yang kita konsumsi, kalau diakumulasikan, berapa uang yang dikeluarkan setiap bulannya hanya untuk menikmati kopi ini?

Uang yang kita keluarkan untuk menikmati cangkir kopi di cafe dengan lingkungan yang nyaman dan tenang tanpa sadar jadi rutinitas sehari-hari yang sebenarnya nggak begitu diperlukan. Jadi, biar makin hemat, yuk kurangi kebiasaan minum kopi di cafe ini.

2. Sering ke mini market

Sekarang sih, mini market yang sudah ada dimana-mana bikin kita sangat mudah untuk menemukannya. Karena kemudahan ini juga, sering banget kita mampir kesana tanpa ada tujuan mau beli apa. Padahal, kita kan tahu kalau belanja tanpa adanya perencanaan sering bikin pengeluaran jadi makin banyak.

Ujung-ujungnya, kita jadi jajan ini-itu di mini market. Memang sih, jajanan yang kita beli nggak begitu terasa keluarnya, tapi kalau keseringan, kebiasaan ini bisa menguras uang kita juga, lho. Buat sekarang, ada baiknya kita menahan diri untuk jajan makanan atau minuman ringan untuk menghemat pengeluaran tiap bulannya.

3. Menjadi korban diskon

Memang sih, awalnya kita berkunjung ke department store atau mall cuma buat cuci mata. Tapi, saat kita melihat ada barang yang sedang didiskon padahal belum terlalu membutuhkannya, kita jadi mengubah rencana belanja kita.

Yang tadinya tidak mau berbelanja, kita jadi belanja, bahkan sampai beli 5 item sekaligus. Kalau kita sedang berhadapan dengan barang diskon, coba deh tahan diri dahulu dengan bertanya, kita butuh atau sekedar menginginkan barang tersebut. Ingatkan pada diri sendiri kalau menabung juga harus menjadi prioritas.

Baca juga: Sebagai Penyelamat Di Kantor, To Do List Juga Perlu Menggunakan 4 Strategi Ini, Lho

4. Lebih suka makan di luar

Salah satu pola hidup yang sehat sekaligus hemat adalah dengan memasak makanan kita sendiri di rumah. Untuk memasak, memang kita butuh waktu lebih untuk persiapannya yang bikin malas untuk melakukannya. Nggak ada salahnya kok bawa bekal dari rumah. Justru kebiasaan ini sangat efektif untuk mengerem pengeluaran harian kita, lho.

Nah, diatas ini merupakan kebiasaan yang sering kita abaikan, tapi ternyata jadi salah satu sumber pengelauran yang cukup menguras kantong. Salah satu sikap yang bijak terhadap uang adalah dengan pandai-pandai mengelolanya. Jadi, siap dong kita berhemat mulai sekarang?

Sumber : gogirl/jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Enda Napitupulu 19 January 2020 - 12:18:53

Bolehkan kita bekerja di lembaga syariah?

0 Answer

Supkariadi 19 January 2020 - 05:57:54

Hidup berjemaat yang baik itu seperti apa ?

0 Answer

Supkariadi 19 January 2020 - 05:52:15

Pengertian berjemaat dalam sebuah gerejs

0 Answer


King Wardi 16 January 2020 - 20:07:08
Saya mohon didoakan, agar saya mendapatkan pekerja... more..

Dianawaty 16 January 2020 - 15:05:05
apa yg harus ak lakukan hununganku dengan kakak yg... more..

sea_regardz 16 January 2020 - 10:12:26
Shalom bapak/ibu terkasih. Mohon sekali doa-doany... more..

Varris Sitio 7 January 2020 - 10:34:31
Syaloom, mungkin ini kedengaran seperti biasa namu... more..

Banner Mitra januari 3


7264

Banner solusi talks