Pemulihan Relasi Orang Tua dan Anak
Kalangan Sendiri

Pemulihan Relasi Orang Tua dan Anak

Dwi Agus Priono Contributor
      675

Maleakhi 4:6

Maka ia akan membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati anak-anak kepada bapa-bapanya supaya jangan Aku datang memukul bumi sehingga musnah.

 

 

Bacaan Setahun : Mazmur 146; Wahyu 2; Zakharia 13-14

Pesan pemulihan relasi antara bapak (orang tua) dengan anak dalam kitab Maleakhi ini adalah pesan yang sangat penting! Hal ini dikaitkan dengan hukuman Tuhan atas bumi jika hal tersebut tidak terjadi. Begitu pentingnya pemulihan relasi ini, Tuhan akan mengutus nabi Elia menjelang datangnya hari Tuhan untuk memastikan bahwa relasi antara orang tua dan anak terjalin dengan baik (ayat 5). Dalam Lukas 1:17, nubuatan Maleakhi di atas digenapi dalam diri Yohanes Pembaptis, dan ditambah keterangan bahwa pemulihan relasi adalah prasyarat sebagai umat yang layak bagi Tuhan.

Hubungan antara bapak (dan ibu) dengan anak adalah hal yang sangat penting! Orang tua adalah representasi Tuhan bagi seorang anak. Anak melihat dan merasakan kehadiran Tuhan melalui kehadiran orang tua. Itu sebabnya firman Tuhan sangat menekankan pentingnya hati para orangtua kepada anak-anaknya.

Di zaman yang serba cepat dan penuh tekanan saat ini, tuntutan pekerjaan dan pemenuhan kebutuhan hidup seringkali membuat perhatian orang tua terpecah, dan porsi yang diberikan kepada anak semakin menipis. Bahkan tidak jarang orang tua menyerahkan tanggung jawab pembimbingan anak kepada pengasuh, sekolah, dan gereja. Padahal ini adalah peran utama orang tua!

Apakah anak-anak kita merasakan suasana surga di rumah? Apakah mereka tahu dengan pasti dan menikmati kasih maupun perhatian yang cukup dari kita? Apakah anak-anak melihat Tuhan dari hidup orang tuanya?

Sahabat, anak adalah milik pusaka Tuhan yang dititipkan kepada kita. Tuhan mau agar mereka mendapatkan kasih yang nyata dari kita, sehingga mereka melihat Tuhan melalui kita. Hadirlah dalam hidup anak-anak kita, jangan sekedar ada. Biarlah hati kita berbalik kepada anak-anak kita. Mereka adalah generasi hebat yang Tuhan sedang persiapkan untuk memenuhi panggilan Tuhan.

Ikuti Kami