Membersihkan Lensa Cara Pandang yang Buram

Kata Alkitab / 15 November 2022

Kalangan Sendiri

Membersihkan Lensa Cara Pandang yang Buram

Lori Official Writer
410

Karena itu marilah kita, yang sempurna, berpikir demikian. Dan jikalau lain pikiranmu tentang salah satu hal, hal itu akan dinyatakan Allah juga kepadamu. 16 Tetapi baiklah tingkat pengertian yang telah kita capai kita lanjutkan menurut jalan yang telah kita tempuh. - Filipi 3:15-16

Dari waktu ke waktu kita perlu membersihkan lensa yang kita gunakan untuk melihat dunia, sehingga kita dapat melihat semua yang kita perlukan untuk melihat dengan sangat jelas. Kegagalan membersihkan lensa yang buram akan membuat kita melihat hal-hal yang buram dan menyebabkan kita memiliki persepsi yang berbeda. Setelah membersihkan lensa cara pandang kita akan berubah, kain yang tadinya kotor, sekarang terlihat segar dengan lensa yang sudah dibersihkan. Apa yang berubah? Pengetahuan tentang alat yang digunakan untuk membuat penilaian, penerimaan bahwa lensa perlu dibersihkan dan kemauan untuk membersihkannya akan menyebabkan orang yang melihat melalui lensa itu memiliki penglihatan yang lebih baik.

Persepsi didasarkan pada kesan yang kita miliki saat melihat (apakah kita memiliki lensa yang jelas yang kita gunakan untuk melihat?), mendengar (apakah kita mendengar dengan pikiran yang jernih dan terbuka?) atau membaca hal-hal tertentu (apakah kita membaca dengan kesadaran penuh tentang apa yang sedang kita baca? atau apakah kita membaca sekilas dan melewatkan informasi penting yang perlu kita ketahui?). 

Persepsi berubah ketika kita mendapatkan informasi lebih lanjut tentang hal yang pertama kali kita nilai dengan lensa buram (kain masih kotor setelah dicuci - kesimpulannya dia tidak tahu cara mencuci, atau dia lupa menggunakan sabun ketika mencuci atau ia mencuci dengan sabun berkualitas buruk dan kita harus ganti dengan sabun berkualitas baik). Kemampuan untuk mengenali kekurangan dalam diri kita dan beradaptasi dengan informasi baru akan membuat kita berhasil. Yang paling sulit dalam kehidupan ini adalah mengenali dan menerima kekurangan serta kesalahan kita agar kita dapat memperbaikinya.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami