Fakta Alkitab: Sosok Pahlawan Iman Perempuan Ini Jadi Mata-Mata Bangsa Israel Lho!

Fakta Alkitab / 14 November 2022

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab: Sosok Pahlawan Iman Perempuan Ini Jadi Mata-Mata Bangsa Israel Lho!

Lori Official Writer
568

Pahlawan menjadi sebutan seorang pejuang bersenjata yang memiliki keberanian menentang musuh bangsanya. Gelar pahlawan diberikan pula kepada orang-orang yang menggunakan intelektualnya untuk membangun negerinya. 

Lantas, bagaimana seseorang bisa disebut sebagai Pahlawan Iman sebagaimana Alkitab katakan? Terutama dalam Kitab Ibrani yang menyebutkan tokoh-tokoh terkemuka sebagai Pahlawan iman? Inilah mereka para pahlawan iman itu.

Habel adalah putra kedua Adam dan Hawa. Dia adalah gembala pertama di dunia dan menjadi martir pertama dalam Alkitab karena dibunuh karena ibadahnya pada Tuhan. Pembunuhnya adalah Kain, kakak kandungnya, yang merasa iri karena korban persembahan Habel diterima oleh Tuhan dan persembahan Kain tidak menyenangkan Tuhan.

Henokh mengakhiri kehidupannya di dunia tanpa melewati proses kematian. Tuhan mengangkatnya ke surga. Sepanjang hidupnya, Henokh selalu menyenangkan hati Tuhan dan Henokh melakukan semua itu karena imannya kepada Tuhan.

Nuh membangun sebuah perahu besar atau bahtera dengan iman karena Tuhan yang memerintahkan itu. Tanpa iman, Nuh pasti tidak tahan menghadapi olok-olok orang-orang di sekitarnya karena ia membangun perahu besar di tengah daratan. Padahal setelah banjir besar tiba, bahtera itulah yang menyelamatkan Nuh dan keluarganya. Nuh dikenal sebagai orang yang saleh di antara orang-orang berdosa pada zamannya. Bahtera Raksasa sebagai bentuk ketaatan Nuh dipercayai kandas di Pegunungan Ararat di wilayah Turki. 

 

Baca Juga: Inilah Mukjizat yang Dilakukan Imam Besar Pertama Bangsa Israel

 

Di Gunung Ararat yang berketinggian 16.946 kaki terdapat Situs Durupinar. Di Situs tersebut dapat ditemukan formasi batuan yang berbentuk kapal raksasa yang mirip Bahtera Nuh. Selama berabad-abad, tempat tersebut menjadi tempat favorit para ahli arkeologi untuk memburu kebenaran Bahtera Nuh.

Abraham jelas termasuk pahlawan iman, bahkan ia dijuluki sebagai Bapak Orang Beriman. Salah satu prestasi iman Abraham yang paling menonjol ketika dia dengan taat mematuhi perintah Tuhan untuk mengorbankan anak tunggalnya, Ishak. Kualitasnya iman Abraham luar biasa karena ia sepenuhnya mempercayai Tuhan untuk membangkitkan Ishak dari kematian. Sehingga Tuhan menyediakan kambing domba sebagai pengganti Ishak saat itu.

Ibrani sebelas menyebutkan pahlawan-pahlawan iman lain dan kisah keimanannya yang luar biasa, seperti Ishak, Yakub, Yusuf, Musa dan beberapa nama lain. Dan di antara para Pahlawan Iman itu terdapat dua tokoh perempuan yang memiliki kisah keimanan yang luar biasa pula. Sarah, istri Abraham, disebutkan sebagai pahlawan iman. Sarah harus menunggu lama untuk memperoleh keturunan. Hingga kadang Sarah jatuh perasaan sangsi akan janji Tuhan kepada dia dan Abraham. Bahkan sampai Sarah memasuki masa menopause, janji Tuhan belum terjadi. Hingga akhirnya, Tuhan memenuhi janji-NYA karena Tuhan masih melihat iman dalam diri Sarah. Ia melahirkan Ishak di masa tuanya.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban Channel
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami