Fakta Alkitab: Sosok Pahlawan Iman Perempuan Ini Jadi Mata-Mata Bangsa Israel Lho!
Sumber: Jawaban.com

Fakta Alkitab / 14 November 2022

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab: Sosok Pahlawan Iman Perempuan Ini Jadi Mata-Mata Bangsa Israel Lho!

Lori Official Writer
2969

Pahlawan menjadi sebutan seorang pejuang bersenjata yang memiliki keberanian menentang musuh bangsanya. Gelar pahlawan diberikan pula kepada orang-orang yang menggunakan intelektualnya untuk membangun negerinya. 

Lantas, bagaimana seseorang bisa disebut sebagai Pahlawan Iman sebagaimana Alkitab katakan? Terutama dalam Kitab Ibrani yang menyebutkan tokoh-tokoh terkemuka sebagai Pahlawan iman? Inilah mereka para pahlawan iman itu.

Habel adalah putra kedua Adam dan Hawa. Dia adalah gembala pertama di dunia dan menjadi martir pertama dalam Alkitab karena dibunuh karena ibadahnya pada Tuhan. Pembunuhnya adalah Kain, kakak kandungnya, yang merasa iri karena korban persembahan Habel diterima oleh Tuhan dan persembahan Kain tidak menyenangkan Tuhan.

Henokh mengakhiri kehidupannya di dunia tanpa melewati proses kematian. Tuhan mengangkatnya ke surga. Sepanjang hidupnya, Henokh selalu menyenangkan hati Tuhan dan Henokh melakukan semua itu karena imannya kepada Tuhan.

Nuh membangun sebuah perahu besar atau bahtera dengan iman karena Tuhan yang memerintahkan itu. Tanpa iman, Nuh pasti tidak tahan menghadapi olok-olok orang-orang di sekitarnya karena ia membangun perahu besar di tengah daratan. Padahal setelah banjir besar tiba, bahtera itulah yang menyelamatkan Nuh dan keluarganya. Nuh dikenal sebagai orang yang saleh di antara orang-orang berdosa pada zamannya. Bahtera Raksasa sebagai bentuk ketaatan Nuh dipercayai kandas di Pegunungan Ararat di wilayah Turki. 

 

Baca Juga: Inilah Mukjizat yang Dilakukan Imam Besar Pertama Bangsa Israel

 

Di Gunung Ararat yang berketinggian 16.946 kaki terdapat Situs Durupinar. Di Situs tersebut dapat ditemukan formasi batuan yang berbentuk kapal raksasa yang mirip Bahtera Nuh. Selama berabad-abad, tempat tersebut menjadi tempat favorit para ahli arkeologi untuk memburu kebenaran Bahtera Nuh.

Abraham jelas termasuk pahlawan iman, bahkan ia dijuluki sebagai Bapak Orang Beriman. Salah satu prestasi iman Abraham yang paling menonjol ketika dia dengan taat mematuhi perintah Tuhan untuk mengorbankan anak tunggalnya, Ishak. Kualitasnya iman Abraham luar biasa karena ia sepenuhnya mempercayai Tuhan untuk membangkitkan Ishak dari kematian. Sehingga Tuhan menyediakan kambing domba sebagai pengganti Ishak saat itu.

Ibrani sebelas menyebutkan pahlawan-pahlawan iman lain dan kisah keimanannya yang luar biasa, seperti Ishak, Yakub, Yusuf, Musa dan beberapa nama lain. Dan di antara para Pahlawan Iman itu terdapat dua tokoh perempuan yang memiliki kisah keimanan yang luar biasa pula. Sarah, istri Abraham, disebutkan sebagai pahlawan iman. Sarah harus menunggu lama untuk memperoleh keturunan. Hingga kadang Sarah jatuh perasaan sangsi akan janji Tuhan kepada dia dan Abraham. Bahkan sampai Sarah memasuki masa menopause, janji Tuhan belum terjadi. Hingga akhirnya, Tuhan memenuhi janji-NYA karena Tuhan masih melihat iman dalam diri Sarah. Ia melahirkan Ishak di masa tuanya.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Perempuan kedua yang disebut Pahlawan Iman adalah Rahab. Wanita ini sebelumnya berprofesi sebagai pelacur di Kota Yerikho ini. Tapi kehadiran para pengintai (mata-mata) Israel mengubahkan hidupnya dan keluarganya. Mereka menjadi penyembah Tuhan. Bukan itu saja, Rahab memainkan peran penting dalam operasi militer pasukan Israel meruntuhkan kota Yerikho. Dia bertugas menjadi mata-mata yang memberi informasi keadaan Yerikho pada pihak Israel. Dan pada saat penyerbuan Israel ke Yerikho, Rahab dan keluarganya diselamatkan oleh pihak Israel.

Rahab hidup sekitar tahun 1425-1350 SM sebagai penduduk Yerikho yang merupakan salah satu kota tertua pada masa itu dengan jumlah penduduk sekitar 2500 orang. Rumahnya menyatu dengan struktur tembok utama luar kota. Dari temuan para arkeolog, Rumah Rahab ternyata terletak di sisi utara kota.

Alkitab menyatakan bahwa rumahnya dibangun di atas tembok kota. Hal ini sesuai temuan para arkeolog yang menyatakan bahwa Tembok kota yang masih dilestarikan di sisi utara kota memiliki rumah-rumah yang dibangun di atasnya.

 

Baca Juga: Pahlawan Daud yang Satu Ini Berhasil Kalahkan 800 Orang Dengan Tangannya Sendiri Lho!

 

Tidak semua nama Pahlawan Iman yang disebutkan dalam Ibrani sebelas memiliki penjelasan tentang tindakan imannya. Beberapa dari mereka hanya disebutkan namanya saja, seperti Gideon, Barak, Simson, Yefta, Daud, dan Samuel.

Bahkan pada bagian akhir dari Ibrani Sebelas tidak menyebutkan nama-nama dari para pahlawan iman, tetapi Ibrani sebelas hanya menyebutkan tindakan-tindakan iman beberapa tokoh. Tetapi penafsir Alkitab bisa menduga para pahlawan iman itu dari tindakan-tindakan yang tertulis di sana. Misalnya, tindakan menutup mulut singa kemungkinan besar dilakukan oleh Daniel saat dia berada di Gua Singa. Tindakan memadamkan api berkobar-kobar kemungkinan mengacu pada saat Sadrakh, Mesakh, dan Abednego dimasukkan dalam tungku api raksasa. 

Selanjutnya, para wanita mendapati anak-anaknya hidup kembali dari kematian. Mereka adalah janda Sarfat dan Perempuan Sunem yang anak-anaknya dibangkitkan oleh Elia dan Elisa. Kemudian, tentang seseorang yang mati dirajam oleh karena keimanannya itu mengacu pada Zakharia. Anak Imam Yoyada ini memperingatkan Israel untuk tidak menyembah berhala, tetapi Raja Yoas malah memerintahkan orang-orang merajam Zakharia sampai mati.

Jika Anda merasa sedang goyah dalam iman, atau jika Anda butuh ruang untuk berbicara dan meluapkan pergumulan Anda, silahkan hubungi Layanan Doa dan Konseling CBN Sahabat24 di kontak Whatsapp 0822 1500 2424 atau klik link doa ini: https://bit.ly/InginDidoakan.

 

Sumber : Jawaban Channel
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami