Pahlawan Daud yang Satu Ini Berhasil Kalahkan 800 Orang Dengan Tangannya Sendiri Lho!

Fakta Alkitab / 7 November 2022

Kalangan Sendiri

Pahlawan Daud yang Satu Ini Berhasil Kalahkan 800 Orang Dengan Tangannya Sendiri Lho!

Lori Official Writer
830

Keberhasilan Daud dalam menaklukan musuh-musuhnya, tidak semata hasil kecerdasan strategi militernya semata. Daud meiliki orang-orang perkasa atau para pahlawan di sekelilingnya, yang dalam Bahasa Ibrani disebut Gibborim.

Alkitab memberitahukan pada kita, para pahlawan tersebut terbagi menjadi dua, yaitu kelompok tiga pahlawan atau "Triwira", dan kelompok yang terdiri dari tigapuluh pahlawan (2 Samuel 23:8-39). Triwira dan Kelompok Tigapuluh Pahlawan adalah semacam pasukan elit dengan kemampuan tempur di atas rata-rata pasukan biasa. Triwira adalah kelompok pasukan paling elit dari semua pahlawan Daud. Triwira terdiri dari Isybaal, Eleazar, dan Sama. Isybaal berasal dari Hakhmoni adalah kepala Triwira. Ia pernah membantai 800 orang sekaligus dalam suatu pertempuran dengan menggunakan senjata tombak. Selanjutnya, Eleazar adalah Dodo dari Ahohi.

Dia tinggal sendirian di medan pertempuran melawan Orang Filistin, setelah semua pasukan Israel mundur. Tetapi Eleazar berhasil membunuh banyak orang Filistin sampai tangannya lesu dan tangannya seolah melekat pada pedang yang digenggamnya. Kemudian Sama, anak Age dari Harari. Ia mempertahankan ladang yang ditanami kacang merah dari aksi penjarahan orang Filistin. Sebelumnya, tentara Israel melarikan diri ketakutan setelah mereka melihat kedatangan orang Filistin. Sama mempertahankan sendirian ladang itu dan ia memukul kalah pasukan Filistin. (2 Samuel 23:8-12).

 

Baca Juga: Tak Dengarkan Teguran Nabi, Raja Ini Menuai Akibatnya

 

Triwira juga memiliki kemampuan menerobos garis pertahanan musuh secara senyap. Taktik militer yang di jaman modern disebut stealth tactics. Daud dan pasukannya sedang bermarkas di Gua Adulam ketika Yerusalem dalam kepungan pasukan Filistin. Mereka berkembah di Lembah Refaim. Daud merasa ingin meneguk air dari sumur yang ada di Betlehem. Padahal wilayah itu berada dalam kendali Filistin. Tapi Triwira itu dengan gagah berani bergerak maju menerobos pertahanan musuh menuju sumur di Betlehem. Triwira berhasil memabawa air yang dikehendaki oleh Daud. Daud sangat menghormati keberanian Triwira itu, hingga ia tidak mau meminumnya, melainkan mempersembahkannya sebagai korban curahan kepada TUHAN (2 samuel 23:16)

Pasukan elit Daud lainnya disebut Kelompok Tigapuluh. Alkitab tidak memberikan semua biografi ke-30 pahlawan Daud itu. Alkitab mencatat hanya beberapa dari mereka yang cukup menonjol kemampuan militernya. Abisai adalah saudara Yoab dan Asael. Ketiga bersaudara ini adalah anak dari adik kandung perempuan Daud yang Zeruya. Mereka semua tergabung sebagai kelompok tigapuluh pasukan elit Daud. Jadi Abisai adalah keponakaan Daud. Alkitab mengatakan bahwa Abisai adalah kepala dari ketiga puluh pahlawan Daud. Abisai pernah membunuh tiga ratus orang musuh dengan menggunakan senjata tombak (2 Samuel 23:18) Benaya pernah membunuh dua pahlawan Moab. 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban Channel
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami