Buru-buru Takut Hadapi Resesi 2023? Eitss Pahami Ini Dulu Yuk
Sumber: bareksa

Finance / 1 November 2022

Kalangan Sendiri

Buru-buru Takut Hadapi Resesi 2023? Eitss Pahami Ini Dulu Yuk

Lori Official Writer
1115

Banyak orang yang keburu takut karena isu resesi yang digembor-gemborkan di media belakangan ini. Tahukah Anda, ketakutan ini justru bisa berakibat fatal lho! Salah satunya memperburuk kondisi ekonomi! Kenapa? Karena serangan rasa takut membuat daya beli masyarakat menurun. Akibatnya banyak usaha dan bisnis menjadi mandet. 

Akhir terburuk dari kondisi ini adalah terjadinya kebangkrutan dimana-mana dan gelombang PHK besar-besaran pun terjadi.

Tentunya resesi tidak hanya terjadi saat ini saja. Jauh sebelumnya, resesi bahkan sudah terjadi sejak masa Alkitab. Salah satu contoh paling terkenal dari krisis ekonomi yang pernah terjadi adalah ketika masa pemerintahan Yusuf di Mesir.

Yusuf menafsirkan mimpi Raja Firaun bahwa masa kelaparan akan datang. Karena itu tindakan terbaik yang perlu dilakukan bangsa Mesir adalah mempersiapkan lumbung makanan selama masa kelaparan ini.

 

Baca Juga: Siap-siap Resesi 2023, Usir Rasa Kuatir Dengan 5 Pandangan Alkitabiah Ini

 

Tuhan sendiri bahkan memberikan instruksi khusus berapa besar lumbung makanan yang perlu dipersiapkan setiap tahunnya. Yusuf diperintahkan untuk menyimpan sebanyak 20% dari semua kebutuhan mereka selama masa-masa kelaparan tersebut.

Jadi jika Anda masih hanya mendengar isu resesi 2023, sama seperti Yusuf Anda masih punya banyak waktu untuk mempersiapkan diri. Jika Anda belum menabung, maka mulailah menabung. Sekalipun resesi ternyata tidak terjadi, Anda harus tetap mempersiapkan diri karena kehidupan kita akan selalu berputar. Kadang kita bisa menghadapi badai kapanpun. Jadi tidak perlu menunggu resesi untuk kita mempersiapkan diri. Pastinya Anda tidak perlu dihantui rasa takut. Sama seperti Yusuf, Anda hanya perlu menaruh harapan dan iman kepada Tuhan.

Jika Anda belum mengetahui langkah-langkah praktis apa yang harus dilakukan untuk mempersiapkan diri, lakukanlah 4 hal ini:

1. Mulai memilah hutang

Pilah hutang besar dengan bunga besar. Jika mampu segera lunasi segala hutang yang ada. Jika belum mampu, cobalah mengalihkan hutang tersebut ke instrumen keuangan lain yang bunganya lebih rendah atau jarak waktu cicilannya bisa diperpanjang.

Misalnya jika bunga KPR Anda sebelumnya sebesar 10%, cobalah mencari KPR yang bunga hanya 5%. Karena jika resesi terjadi, terkadang suku bunga KPR juga bisa naik tanpa batasan. Kenaikannya bisa mencapai 10, 20 hingga 50%.

Mengurangi hutang bisa berguna untuk mengurangi beban keuangan.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

2.  Jangan menambah hutang baru

Jangan mulai berhutang hanya demi memenuhi kebutuhan konsumtif. Misalnya mengambil pinjaman online hanya untuk tujuan memenuhi kebutuhan sehari-hari yang kurang penting. Karena itu belilah kebutuhan yang penting-penting saja.

 

3. Mulai menabung

Mulai memiliki kesadaran akan menabung. Untuk itu penting untuk menyisihkan pendapatan setiap bulannya untuk ditabung atau diinvestasikan. 

 

Baca Juga: #KataAlkitab: Resesi Ekonomi Besar Juga Pernah Terjadi di Zaman Alkitab Loh, Apa Saja Itu?

 

4. Perbanyak ilmu atau skill

Mulailah meng-upgrade diri. Misalnya, jika bidang yang Anda kuasai adalah IT maka perdalamlah skill di bidang tersebut. 

Mempersiapkan diri dengan beragam skill akan membuat Anda lebih siap jika waktunya resesi terjadi. Anda bisa saja tidak ikut terdampak PHK karena Anda punya banyak ilmu dan wawasan. Akan tetapi, jika ternyata kondisinya memaksa Anda terdampak situasi ini, Anda pun tidak perlu kuatir karena Anda sudah mempersiapkan diri dengan beragam ilmu yang bisa Anda pakai untuk mencari peluang pekerjaan baru atau bahkan menciptakan lapangan pekerjaan yang baru.

Nah, supaya isu resesi ini tidak semakin membuat Anda ketakutan. Ada baiknya untuk kembali kepada kebenaran firman Tuhan ini.

Matius 6: 31-33

Sebab itu janganlah kamu kuatir dan berkata: Apakah yang akan kami makan? Apakah yang akan kami minum? Apakah yang akan kami pakai? Semua itu dicari bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Akan tetapi Bapamu yang di sorga tahu, bahwa kamu memerlukan semuanya itu. Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.

 

Yesaya 41: 10

…janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.

 

Baca Juga: Jadi Bahan Perbincangan, Apa Sih Resesi Ekonomi Itu?

 

Ibrani 13: 5-6

Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: "Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau." Sebab itu dengan yakin kita dapat berkata: "Tuhan adalah Penolongku. Aku tidak akan takut. Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap aku?"

 

Ulangan 31: 6

Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab TUHAN, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau."

 

Amsal 21: 5

Rancangan orang rajin semata-mata mendatangkan kelimpahan, tetapi setiap orang yang tergesa-gesa hanya akan mengalami kekurangan.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami