Buru-buru Takut Hadapi Resesi 2023? Eitss Pahami Ini Dulu Yuk

Finance / 1 November 2022

Kalangan Sendiri

Buru-buru Takut Hadapi Resesi 2023? Eitss Pahami Ini Dulu Yuk

Lori Official Writer
594

Banyak orang yang keburu takut karena isu resesi yang digembor-gemborkan di media belakangan ini. Tahukah Anda, ketakutan ini justru bisa berakibat fatal lho! Salah satunya memperburuk kondisi ekonomi! Kenapa? Karena serangan rasa takut membuat daya beli masyarakat menurun. Akibatnya banyak usaha dan bisnis menjadi mandet. 

Akhir terburuk dari kondisi ini adalah terjadinya kebangkrutan dimana-mana dan gelombang PHK besar-besaran pun terjadi.

Tentunya resesi tidak hanya terjadi saat ini saja. Jauh sebelumnya, resesi bahkan sudah terjadi sejak masa Alkitab. Salah satu contoh paling terkenal dari krisis ekonomi yang pernah terjadi adalah ketika masa pemerintahan Yusuf di Mesir.

Yusuf menafsirkan mimpi Raja Firaun bahwa masa kelaparan akan datang. Karena itu tindakan terbaik yang perlu dilakukan bangsa Mesir adalah mempersiapkan lumbung makanan selama masa kelaparan ini.

 

Baca Juga: Siap-siap Resesi 2023, Usir Rasa Kuatir Dengan 5 Pandangan Alkitabiah Ini

 

Tuhan sendiri bahkan memberikan instruksi khusus berapa besar lumbung makanan yang perlu dipersiapkan setiap tahunnya. Yusuf diperintahkan untuk menyimpan sebanyak 20% dari semua kebutuhan mereka selama masa-masa kelaparan tersebut.

Jadi jika Anda masih hanya mendengar isu resesi 2023, sama seperti Yusuf Anda masih punya banyak waktu untuk mempersiapkan diri. Jika Anda belum menabung, maka mulailah menabung. Sekalipun resesi ternyata tidak terjadi, Anda harus tetap mempersiapkan diri karena kehidupan kita akan selalu berputar. Kadang kita bisa menghadapi badai kapanpun. Jadi tidak perlu menunggu resesi untuk kita mempersiapkan diri. Pastinya Anda tidak perlu dihantui rasa takut. Sama seperti Yusuf, Anda hanya perlu menaruh harapan dan iman kepada Tuhan.

Jika Anda belum mengetahui langkah-langkah praktis apa yang harus dilakukan untuk mempersiapkan diri, lakukanlah 4 hal ini:

1. Mulai memilah hutang

Pilah hutang besar dengan bunga besar. Jika mampu segera lunasi segala hutang yang ada. Jika belum mampu, cobalah mengalihkan hutang tersebut ke instrumen keuangan lain yang bunganya lebih rendah atau jarak waktu cicilannya bisa diperpanjang.

Misalnya jika bunga KPR Anda sebelumnya sebesar 10%, cobalah mencari KPR yang bunga hanya 5%. Karena jika resesi terjadi, terkadang suku bunga KPR juga bisa naik tanpa batasan. Kenaikannya bisa mencapai 10, 20 hingga 50%.

Mengurangi hutang bisa berguna untuk mengurangi beban keuangan.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami