Buru-buru Takut Hadapi Resesi 2023? Eitss Pahami Ini Dulu Yuk
Sumber: bareksa

Finance / 1 November 2022

Kalangan Sendiri

Buru-buru Takut Hadapi Resesi 2023? Eitss Pahami Ini Dulu Yuk

Lori Official Writer
2340

2.  Jangan menambah hutang baru

Jangan mulai berhutang hanya demi memenuhi kebutuhan konsumtif. Misalnya mengambil pinjaman online hanya untuk tujuan memenuhi kebutuhan sehari-hari yang kurang penting. Karena itu belilah kebutuhan yang penting-penting saja.

 

3. Mulai menabung

Mulai memiliki kesadaran akan menabung. Untuk itu penting untuk menyisihkan pendapatan setiap bulannya untuk ditabung atau diinvestasikan. 

 

Baca Juga: #KataAlkitab: Resesi Ekonomi Besar Juga Pernah Terjadi di Zaman Alkitab Loh, Apa Saja Itu?

 

4. Perbanyak ilmu atau skill

Mulailah meng-upgrade diri. Misalnya, jika bidang yang Anda kuasai adalah IT maka perdalamlah skill di bidang tersebut. 

Mempersiapkan diri dengan beragam skill akan membuat Anda lebih siap jika waktunya resesi terjadi. Anda bisa saja tidak ikut terdampak PHK karena Anda punya banyak ilmu dan wawasan. Akan tetapi, jika ternyata kondisinya memaksa Anda terdampak situasi ini, Anda pun tidak perlu kuatir karena Anda sudah mempersiapkan diri dengan beragam ilmu yang bisa Anda pakai untuk mencari peluang pekerjaan baru atau bahkan menciptakan lapangan pekerjaan yang baru.

Nah, supaya isu resesi ini tidak semakin membuat Anda ketakutan. Ada baiknya untuk kembali kepada kebenaran firman Tuhan ini.

Matius 6: 31-33

Sebab itu janganlah kamu kuatir dan berkata: Apakah yang akan kami makan? Apakah yang akan kami minum? Apakah yang akan kami pakai? Semua itu dicari bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Akan tetapi Bapamu yang di sorga tahu, bahwa kamu memerlukan semuanya itu. Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.

 

Yesaya 41: 10

…janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.

 

Baca Juga: Jadi Bahan Perbincangan, Apa Sih Resesi Ekonomi Itu?

 

Ibrani 13: 5-6

Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: "Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau." Sebab itu dengan yakin kita dapat berkata: "Tuhan adalah Penolongku. Aku tidak akan takut. Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap aku?"

 

Ulangan 31: 6

Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab TUHAN, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau."

 

Amsal 21: 5

Rancangan orang rajin semata-mata mendatangkan kelimpahan, tetapi setiap orang yang tergesa-gesa hanya akan mengalami kekurangan.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami