Salah Satu Makanan Favorit di Alkitab Ini yang Yesus Makan Setelah Bangkit Dari Kematian

Fakta Alkitab / 3 October 2022

Kalangan Sendiri

Salah Satu Makanan Favorit di Alkitab Ini yang Yesus Makan Setelah Bangkit Dari Kematian

Lori Official Writer
633

Kisah Yakub dan Esau tentang jual beli hak kesulungan menjadi salah satu kisah menarik dalam Alkitab. Ini adalah kisah kelemahan dan tipu daya manusia, di mana seorang Yakub menipu Esau kakaknya agar menjual hak kesulungannya dengan semangkuk sup kacang merah. Mengapa sup kacang merah itu menarik perhatian Esau? Ya, tentu saja karena salah satu menu favorit bangsa Israel waktu itu membangkitkan rasa lapar dan dahaga Esau setelah ia kelelahan dari berburu di padang.

Sup kacang merah adalah salah satu menu masakan spesial bangsa Israel kuno. Kacang merah atau juga disebut lentil menjadi bahan makanan jenis kacang-kacangan yang berharga karena kandungan nilai nutrisi di dalamnya.

Biji-bijian selain kacang merah atau lentil, kacang-kacangan seperti buncis dan kacang polong adalah unsur utama dalam makanan dan merupakan sumber utama protein. Pemanfaatan hasil pertanian dan perkebunan untuk kebutuhan pangan sudah lama dilakukan oleh manusia. Adam bisa disebut sebagai petani pertama kali di dunia.

 

Baca Juga: Fakta Alkitab :Jenis Belalang Apa Yang Menjadi Makanan Yohanes Pembaptis?

 

Begitu Tuhan mengusir dari Taman Eden, maka Adam harus mengolah tanah untuk menjadi lahan menumbuhkan tanaman sebagai bahan pangan (Kejadian 3:23).

Biji gandum juga menjadi contoh yang jelas bahwa jenis tanaman ini adalah kebutuhan pokok pada jaman dulu. Biji gandum mentah bisa dimakan segar dalam keadaan darurat (kelaparan) seperti para murid Yesus pernah lakukan (Matius 12:1). Butir gandum matang juga direbus dan dikeringkan, seperti bulgur modern, dan kemudian disiapkan sebagai bubur. Paling sering, biji-bijian digiling menjadi tepung untuk membuat roti.

Ikan adalah lauk yang kerap menjadi pasangan roti orang-orang Israel. Mereka telah terbiasa menikmati menu roti dan ikan. Yesus melakukan muzijat untuk memenuhi kebutuhan makan ribuan orang pun dengan membagikan roti dan ikan (Matius 15 dan Yohanes 6). Kemudian, Yesus pernah mengajak sarapan murid-muridnya dengan roti dan ikan di tepi danau Tiberias. Saat itu adalah penampakan Yesus yang ketiga sejak ia bangkit dari kematian (Yohanes 21)

Alkitab menggambarkan berulang kali tentang Tanah Israel (perjanjian) sebagai "negeri yang berlimpah susu dan madu" (Keluaran 3:8). Sehingga kita bisa mendapat pemahaman jika bangsa Israel mengkonsumsi susu dan berbagai olahan turunannya. Susu sapi, kambing dan domba selain diminum juga bisa diolah menjadi mentega. Oleh karena itu, orang Israel dalam memasak dan menggoreng sudah menggunakan Mentega pada waktu itu. 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban Channel
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami