Fakta Alkitab :Jenis Belalang  Apa Yang Menjadi Makanan Yohanes Pembaptis?

Fakta Alkitab :Jenis Belalang Apa Yang Menjadi Makanan Yohanes Pembaptis?

Puji Astuti Official Writer
21180

Dalam Matius 3:4 dituliskan tentang Yohanes Pembabtis seperti ini, "Yohanes memakai jubah bulu unta dan ikat pinggang kulit, dan makanannya belalang dan madu hutan." Salah satu fakta Alkitab yang cukup menarik dan mengundang pertanyaan adalah tentang belalang yang dimakan oleh Yohanes ini. Belalang seperti apakah yang dia makan? Dan apakah hingga saat ini masih ada?

 

Belalang, ada yang masuk binatang halal dan boleh dimakan

Ada beberapa pendapat tentang masalah belalang yang dimakan oleh Yohanes Pembabtis ini, namun Alkitab menuliskan bahwa memang ada beberapa jenis belalang yang dibolehkan oleh Tuhan untuk dimakan. 

"Inilah yang boleh kamu makan dari antaranya: belalang-belalang menurut jenisnya, yaitu belalang-belalang gambar menurut jenisnya, belalang-belalang kunyit menurut jenisnya, dan belalang-belalang padi menurut jenisnya." - Imamat 11:22

Beberapa belalang yang ditulis di atas masuk dalam jenis belalang yang halal untuk dimakan, termasuk di dalamnya jankrik. Tapi apakah belalang-belalang tersebut yang dikonsumsi Yohanes?

 

Baca Juga: 7 Hal Profetik yang Dinyatakan Allah Lewat Hidup Yohanes Pembaptis

 

Belalang ternyata bukan hanya serangga, tapi juga ada tanaman belalang

Kata belalang dalam ayat Matius 3:4 diterjemkan dari kata Akris, yang bisa diterjemahkan sebagai serangga belalang atau juga tanaman belalang yang memang lazim tumbuh di wilayah Israel dan umumnya di Timur Tengah. 

Tanaman belalang ini, memiliki nama latin Ceratonia siliqua, atau saat ini dikenal sebagai biji carob. Tanaman ini biasanya tumbuh liar dan mudah ditemukan dimana saja, jadi jika Yohanes Pembabtis tinggal dipadang gurun, maka tumbuhan ini adalah makanan yang mudah untuk didapatkan.

Bentuk buah dari tanaman ini mirip kacang kapri, dan jika dikeringkan lalu kulitnya ditumbuk halus dan bisa di olah menjadi berbagai makanan dan juga minuman. Rasanya agak manis dan mirip seperti coklat. Kaya akan serat, kalsium dan juga berbagai vitamin lainnya. 

"Kita tidak mengklaim (ini yang dimakan Yohanes Pembaptis -red). Tapi jika kita kaitkan pola hidup Yohanes bahwa dia penganut pola hidup askesis, yaitu mereka yang mengikuti tradisi," demikian  jelas Bambang  Kristanto Sitompul,S.Si, Kabid Museum Lembaga Alkitab Indonesia, "Mungkin saja dia makan belalang tumbuhan."

 

Baca Juga: Mengungkap Fakta & Misteri Dibalik Mahkota Duri yang Dipakai Yesus

 

Sudah dimakan sejak ribuan tahun

Eksistensi tanaman belalang ini sudah ribuan tahun di wilayah Mediteranian, catatan pertama ditemukan sudah digunakan oleh Mesir kuno. Bahkan faktanya, huruf hieroglif Mesir kuno menggunakan gambar tanaman belalang ini untuk kata "manis".  Selain itu biji carob atau tanaman belalang ini juga menjadi ukuran yang pertama kali digunakan untuk batu mulia dan emas yang murni, yaitu karat. Karena biji carob dalam bahaya Yunani-nya adalah keration.

 

 

Kamu diberkati dengan artikel-artikel kami? Mari dukung kami untuk terus menghasilkan konten-konten terbaik di website ini dengan menjadi mitra Jawaban.com. 

Buat kamu yang tergerak untuk bergabung yuk.

DAFTAR DI SINI

 

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami