Pernyataan Pendeta Gilbert Lumoindong atas Kasus Pembunuhan Brigadir J yang Kontroversi

News / 29 September 2022

Kalangan Sendiri

Pernyataan Pendeta Gilbert Lumoindong atas Kasus Pembunuhan Brigadir J yang Kontroversi

Claudia Jessica Official Writer
2541

Meski telah berlalu selama beberapa bulan, luka karena kasus pembunuhan terhadap Brigadir J masih dirasakan oleh keluarga dan masyarakat hingga saat ini.

Setelah berjalan tiga bulan lamanya, kasus pembunuhan Brigadir J masih belum tuntas sepenuhnya. Bahkan polisi mengalami kesulitan untuk mengungkap kasus ini meski sudah menetapkan beberapa tersangka.

Menanggapi hal ini, Pendeta Gilbert Lumoindong membuat pernyataan agar masyarakat tidak main hakim sendiri dengan menghina atau menghujat pihak tertentu.

Dalam sebuah video yang diunggah melalui YouTube channel Gilbert Lumoindong pada 20 September 2022 lalu, Pendeta Gilbert Lumoindong mengatakan, “Sebetulnya ada sebuah peristiwa yang terjadi di Magelang, tetapi malu diakui karena memang ini aib yang menakutkan kalau seorang isteri jenderal bintang dua diperkosa oleh ajudannya,” kata Pendeta Gilbert dalam video yang diunggahnya di Youtube.

 

BACA JUGA: LGBT Ditolak atau Dikasihi? Ini Kata Pendeta Gilbert Lumoindong

 

Menurut Gilbert, ini adalah situasi yang sulit dimana kita harus mendukung jalannya persidangan kasus pembunuhan Brigadir J agar kebenaran dapat terungkap. Namun sayangnya, pernyataan ini seakan malah terlihat mendukung salah satu pihak dan akhirnya menuai kontroversi di kalangan netizen.

“Shalom Pastor Gilbert, maaf untuk kali ini saya kurang menerima pandangan pastor soal perkara ini. Karena tugas hamba Tuhan adalah melayani dan kita masyarakat sipil pastor. Berdoa untuk kasusnya saya sependapat, tetapi menyampaikan pandangan pribadi soal kasus ini lebih baik tidak dilakukan pastor supaya tidak menimbulkan batu sandungan untuk jemaat yg pastor pimpin dan masyarakat luas,” tulis Ари dalam kolom komentar.

“Saya justru ingin berdoa buat Pak Pdt Gilbert supaya juga tidak perlu ikut menggiring opini sesuatu yg belum terbukti. Mohon maaf Pak Pdt, siapapun kita hrs bisa mengendalikan lidah kita agar tidak membuat syak banyak orang khususnya umat Tuhan. Beberapa perkataan Bpk dapat dibalikkan kembali, tapi bukan itu poin yg terpenting. Bagi saya Pak Pdt selama ini adalah sosok yg bisa diteladani dlm melayani Tuhan. God bless Pak Pdt. Tuhan mengasihi Bpk dan keluarga,” papar Vie di kolom komentar video tersebut.

Sebelum mengakhiri videonya, Pendeta Gilbert Lumoindong juga mengajak umat Kristen untuk ikut mendoakan jalannya proses hukum dari kasus ini.

Yang pertama, Gilbert menghimbau umat Kristen untuk berdoa agar kebenaran bisa terungkap. Ia juga mengatakan, Alkitab tidak pernah membenarkan apa yang salah, dan menyalahkan apa yang benar.

“Jadi posisi apapun, memang sesuatu yang sangat menyedihkan buat keluarga, yaitu kematian Yosua. Tetapi perkosaan juga bukan sesuatu yang terhormat, saudara-saudara,” pungkasnya.

Menurut Gilbert, sangat wajar bagi seseorang untuk marah. Namun menyelesaikan dengan cara membunuh ini juga bukan hal yang benar. Perkara ini bukanlah sesuatu yang dibandingkan, mana kesalahan yang lebih parah.

Dalam kesempatan ini, Gilbert juga menyampaikan pesan belasungkawa pada keluarga Hutabarat atas meninggalnya Brigadir J.

 

BACA JUGA: Ini Kata Pendeta Gilbert Lumoindong Soal Ajaran Sesat di Tengah Gereja

 

Kedua, biarlah yang benar tetap benar dan yang salah tetap salah.

“Jadi kita berdoa supaya pengadilan akan mengungkapkan kebenaran demi kebenarannya. Yang salah tetap salah, dan yang benar tetap benar. Karena yang membenarkan yang salah, dan menyalahkan yang benar itu adalah kejahatan di hadapan Tuhan,” pungkas Gilbert dalam videonya.

Yang ketiga, berdoa supaya tidak ada kelompok atau oknum tertentu yang mengendalikan polisi dalam mengusut tuntas kasus pembunuhan Brigadir J. Masyarakat membutuhkan dan mempercayai polisi.

“Jangan sampai dalam peristiwa ini ada kelompok atau oknum tertentu yang ‘bermain’ untuk melemahkan kepolisian. Kita berdoa supaya Bapak Kapolri, Kabareskrim, dan jajarannya tetap kompak, bersatu, dan tetap luar biasa sekalipun di tengah goncangan,”

Keempat, berdoa agar tidak ada kelompok atau oknum tertentu yang mencari keuntungan melalui kasus pembunuhan Brigadir J ini.

“Jadi saya percaya ini adalah sebuah kejadian yang harus diselesaikan secara hukum, biarlah hukum yang benar, hukum yang bertanggungjawab, hukum yang sehat yang boleh terjadi,” katanya.

“Kita harus berdoa karena kejadian ini cukup berat bagi keluarga Hutabarat, tetapi kejadian ini juga cukup berat bagi keluarga Sambo. Biarlah pengadilan yang akan membuktikan dari rekonstruksi semuanya jelas, dan kita menanti fakta-fakta persidangan,” lanjutnya.

Dalam akhir videonya, Pastor Gilbert berpesan agar kita tidak saling menghujat ataupun menghina pihak-pihak tertentu dalam kasus ini.

 

 

BACA JUGA: Aktif Pelayanan, Greivance Lumoindong Anak Pendeta yang Suka Motivasi Anak Muda

Sumber : Youtube Gilbert Lumoindong
Halaman :
1

Ikuti Kami