10 Langkah Jalani Hidup Lebih Bijaksana Setiap Hari

Kata Alkitab / 27 September 2022

Kalangan Sendiri

10 Langkah Jalani Hidup Lebih Bijaksana Setiap Hari

Lori Official Writer
990

Raja Salomo memberi kita tips bagaimana kita seharusnya menjalani kehidupan dengan bijaksana setiap hari. Suatu hari Tuhan menampakkan diri kepada Salomo dalam mimpi dan bertanya tentang apa yang dia inginkan. 

Salomo lalu memuji Tuhan karena selalu menunjukkan kasih dan kesetiaannya kepada ayahnya Raja Daud. Lalu Raja Salomo meminta pengertian supaya dia bisa memerintah dengan bijak sebagai raja. Dia juga meminta untuk bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah sehingga dia bisa membantu rakyat sebangsanya.

Melalui Kitab Amsal, kita bisa menemukan 10 langkah jalani hidup lebih bijaksana setiap hari.

“Takut akan TUHAN adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan.” (Amsal 1: 7)

1# Jangan pelit berbagi dengan orang lain.

Dunia sering menyuruh kita untuk merahasiakan kebijaksanaan dan mimpi-mimpi kita.

Di Amsal 1: 20-21, Salomo mengajak kita untuk meneriakkan hikmat di jalan-jalan. “Hikmat berseru nyaring di jalan-jalan, di lapangan-lapangan ia memperdengarkan suaranya, di atas tembok-tembok ia berseru-seru, di depan pintu-pintu gerbang kota ia mengucapkan kata-katanya.”

Orang lain tidak akan tahu jika tindakannya salah sampai dia diberitahu. Jadi, jangan pelit untuk membagikan pengetahuan, kebijaksaan dan pemikiran Anda kepada orang lain. Banyak orang akan diberkati dan disertai dengan kata-kata Anda.

 

2# Bersandar pada pengertian Tuhan.

“Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu.” (Amsal 3: 5-6)

Ayat ini sering sekali dikutip di kalangan Kristen untuk alasan yang baik. Melalui ayat ini kita diingatkan bahwa untuk menjadi bijaksana, kita perlu menyelaraskan permikiran kita dengan hikmat Tuhan.

 

3# Bermurah hati kepada orang lain.

Bermurah hati adalah salah satu dari karakter Kristus yang patut kita teladani. Orang-orang percaya mungkin merasa sulit untuk melakukan hal ini, tetapi tahukah Anda jika bermurah hati hanya perlu Anda praktikkan setiap hari. 

Tuhan akan memberkati hidup Anda ketika Anda menunjukkan kemurahan hari kepada orang lain. Anda tidak selalu harus memberi dalam bentuk uang, tetapi Anda bisa menunjukkan kemurahan hati melalui banyak cara diantaranya melalui tenaga, pemberian dan kepedulian.

“Siapa banyak memberi berkat, diberi kelimpahan, siapa memberi minum, ia sendiri akan diberi minum.” (Amsal 11: 25)

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Crosswalk.com
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami