10 Langkah Jalani Hidup Lebih Bijaksana Setiap Hari
Sumber: Inc Magazine

Kata Alkitab / 27 September 2022

Kalangan Sendiri

10 Langkah Jalani Hidup Lebih Bijaksana Setiap Hari

Lori Official Writer
3182

Raja Salomo memberi kita tips bagaimana kita seharusnya menjalani kehidupan dengan bijaksana setiap hari. Suatu hari Tuhan menampakkan diri kepada Salomo dalam mimpi dan bertanya tentang apa yang dia inginkan. 

Salomo lalu memuji Tuhan karena selalu menunjukkan kasih dan kesetiaannya kepada ayahnya Raja Daud. Lalu Raja Salomo meminta pengertian supaya dia bisa memerintah dengan bijak sebagai raja. Dia juga meminta untuk bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah sehingga dia bisa membantu rakyat sebangsanya.

Melalui Kitab Amsal, kita bisa menemukan 10 langkah jalani hidup lebih bijaksana setiap hari.

“Takut akan TUHAN adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan.” (Amsal 1: 7)

1# Jangan pelit berbagi dengan orang lain.

Dunia sering menyuruh kita untuk merahasiakan kebijaksanaan dan mimpi-mimpi kita.

Di Amsal 1: 20-21, Salomo mengajak kita untuk meneriakkan hikmat di jalan-jalan. “Hikmat berseru nyaring di jalan-jalan, di lapangan-lapangan ia memperdengarkan suaranya, di atas tembok-tembok ia berseru-seru, di depan pintu-pintu gerbang kota ia mengucapkan kata-katanya.”

Orang lain tidak akan tahu jika tindakannya salah sampai dia diberitahu. Jadi, jangan pelit untuk membagikan pengetahuan, kebijaksaan dan pemikiran Anda kepada orang lain. Banyak orang akan diberkati dan disertai dengan kata-kata Anda.

 

2# Bersandar pada pengertian Tuhan.

“Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu.” (Amsal 3: 5-6)

Ayat ini sering sekali dikutip di kalangan Kristen untuk alasan yang baik. Melalui ayat ini kita diingatkan bahwa untuk menjadi bijaksana, kita perlu menyelaraskan permikiran kita dengan hikmat Tuhan.

 

3# Bermurah hati kepada orang lain.

Bermurah hati adalah salah satu dari karakter Kristus yang patut kita teladani. Orang-orang percaya mungkin merasa sulit untuk melakukan hal ini, tetapi tahukah Anda jika bermurah hati hanya perlu Anda praktikkan setiap hari. 

Tuhan akan memberkati hidup Anda ketika Anda menunjukkan kemurahan hari kepada orang lain. Anda tidak selalu harus memberi dalam bentuk uang, tetapi Anda bisa menunjukkan kemurahan hati melalui banyak cara diantaranya melalui tenaga, pemberian dan kepedulian.

“Siapa banyak memberi berkat, diberi kelimpahan, siapa memberi minum, ia sendiri akan diberi minum.” (Amsal 11: 25)

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

4# Jauhi Kejahatan

Saat Anda melihat orang melakukan tindakan yang salah atau sesuatu yan jahat, menghindarlah dari mereka. Jangan biarkan mereka memengaruhi tindakan Anda.

 

5# Tetap setia kepada pasangan Anda. 

Jika Anda sudah menikah, belajar untuk memegang komitmen untuk setia kepada pasangan. Jangan pernah mencari pemuasan dari pria atau wanita lain. Karena dengan berselingkuh atau berjinah, Anda hanya akan merusak pernikahan dan bahkan melukai orang-orang yang Anda kasihi.

Jadi, bijaksanalah menjalani kehidupan dengan selalu setia kepada pasangan.

 

6# Bekerja keras dan bertanggung jawab.

“Hai pemalas, pergilah kepada semut, perhatikanlah lakunya dan jadilah bijak: biarpun tidak ada pemimpinnya, pengaturnya atau penguasanya, ia menyediakan rotinya di musim panas, dan mengumpulkan makanannya pada waktu panen. Hai pemalas, berapa lama lagi engkau berbaring? Bilakah engkau akan bangun dari tidurmu? "Tidur sebentar lagi, mengantuk sebentar lagi, melipat tangan sebentar lagi untuk tinggal berbaring" -- maka datanglah kemiskinan kepadamu seperti seorang penyerbu, dan kekurangan seperti orang yang bersenjata.” (Amsal 6: 6-11)

Jangan mau kalah dengan semut. Mereka selalu bekerja keras dan mengumpulkan makanan sebagai perbekalan. Semut bukanlah komplotan yang malas, sebaliknya mereka tahu bahwa tidur terlalu banyak akan membuat mereka tidak siap menghadapi musim kemarau. 

Jadi supaya hidup Anda tidak berkekurangan, belajar bijak dalam menggunakan waktu-waktu Anda.

 

7# Jauhi diri dari setiap tindakan yang dibenci Tuhan.

“Enam perkara ini yang dibenci TUHAN, bahkan, tujuh perkara yang menjadi kekejian bagi hati-Nya: mata sombong, lidah dusta, tangan yang menumpahkan darah orang yang tidak bersalah, hati yang membuat rencana-rencana yang jahat, kaki yang segera lari menuju kejahatan, seorang saksi dusta yang menyembur-nyemburkan kebohongan dan yang menimbulkan pertengkaran saudara.” (Amsal 6: 16-19)

Ada 7 tindakan yang dibenci Tuhan melalui ayat di atas diantaranya: 

1. mata yang sombong atau memandang rendah orang lain.

2. Lidah yang berkata dusta.

3. Tangan yang membunuh orang yang tidak bersalah 

4. Hati yang merancangkan kejahatan

5. Kaki yang suka menuju kejahatan.

6. Seorang saksi dusta yang suka memberikan berita palsu.

7. Orang yang suka mencari-cari pertengkaran.

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

8# Sampaikan kebenaran dengan lembut.

Untuk hidup bijaksana, kita perlu meredam pertengkaran dengan orang lain. Jika Anda tahu perkataan Anda akan memicu pertengkaran, lebih baik menutup mulut atau diam saja. 

“Kebencian menimbulkan pertengkaran, tetapi kasih menutupi segala pelanggaran.” (Amsal 10: 12)

“Jawaban yang lemah lembut meredakan kegeraman, tetapi perkataan yang pedas membangkitkan marah.” (Amsal 15: 1)

 

9# Bersikap jujur.

Adalah bijaksana untuk menjadi orang yang jujur dalam urusan bisnis. Tuhan membenci neraca serong (Amsal 11: 1). Karena itu, di dalam segala hal dan tindakan tetaplah menjunjung kejujuran.

 

10# Bersikap rendah hati.

Jangan pernah berpikir jika Anda adalah orang yang tahu segalanya. Jangan berpikir jika Anda lebih baik dari orang lain. Kesombongan akan membuat Anda jatuh (Amsal 11: 2). 

Karena itu bijaklah dalam menjalani kehidupan Anda. Tetap rendah hati atas apa yang Anda sudah miliki hingga hari ini. Bahkan mau mendengarkan kritikan akan sangat membangun diri Anda.

“Orang yang mengarahkan telinga kepada teguran yang membawa kepada kehidupan akan tinggal di tengah-tengah orang bijak.” (Amsal 15: 31)

Untuk menjadi bijaksana menjalani kehidupan sehari-hari, Anda juga bisa menemukan begitu banyak nasihat kehidupan dari Salomo melalui kitab 31 pasal di Kitab Amsal. Baca dan renungkanlah setiap hari. 

Anda juga bisa meluangkan waktu untuk aktif mencari kebijaksanaan dari Tuhan untuk menuntun Anda menjalani hari. Tetap bersyukur dalam segala hal dan banyak mendengar dan bijak dalam berkat-kata.

Semoga Tuhan yang empunya segala hikmat menyertai dan melimpahi Anda kehidupan yang bermakna dan bermanfaat bagi sesama.

Sumber : Crosswalk.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami