Semua yang Kita Miliki Adalah Berkat dari Tuhan
Kalangan Sendiri

Semua yang Kita Miliki Adalah Berkat dari Tuhan

Dwi Agus Priono Contributor
      885

Ulangan 8:18

“Tetapi haruslah engkau ingat kepada TUHAN, Allahmu, sebab Dialah yang memberikan kepadamu kekuatan untuk memperoleh kekayaan, dengan maksud untuk meneguhkan perjanjian yang diikrarkan-Nya dengan sumpah kepada nenek moyangmu, seperti sekarang ini.”

 

Bacaan setahun : Mazmur 71; Ibrani 5; 2 Tawarikh 33-34

Konteks firman Tuhan yang kita renungkan ini adalah ketika bangsa Israel telah keluar dari Mesir dan akan masuk ke tanah Kanaan. Pada bagian ini, Tuhan melalui Musa, menyampaikan bahwa apa yang mereka alami selama perjalanan 40 tahun di padang gurun adalah bukti dari penyertaan Tuhan yang ajaib. Tuhan memelihara mereka dengan memberi manna untuk dimakan, air untuk diminum, menaungi dengan awan ketika panas terik siang hari, dan dengan tiang api pada malam hari. Pakaian mereka tidak rusak sekalipun dipakai selama 40 tahun. Semua karena kebaikan dan pertolongan Tuhan.

Karena itulah, mereka diingatkan bahwa semua yang mereka alami, nikmati, dan miliki adalah berasal dari Tuhan. Bukan karena kekuatan diri sendiri sehingga mereka memiliki semuanya itu. Bahkan saat mereka memasuki tanah Kanaan dan mulai memiliki banyak hal, itu semua karena Tuhan yang memberikannya. Tidak ada tempat untuk kesombongan. Ayat 17 memperingatkan, “Maka janganlah kau katakan dalam hatimu: Kekuasaanku dan kekuatan tangankulah yang membuat aku memperoleh kekayaan ini.”

Jika seseorang memiliki kekayaan, itu adalah pemberian Tuhan. Tuhanlah yang menolong sehingga ia bisa mendapatkannya. Itu adalah berkat Tuhan, sudah selayaknya mengucap syukur dan tidak menyombongkan diri. Tujuan Tuhan memberikan kekayaan adalah untuk meneguhkan janji-Nya.

Sahabat, marilah kita mengucap syukur karena sampai saat ini kita masih bisa menikmati berkat Tuhan. Jika kita sedang dalam masa krisis, minta kepada Tuhan untuk memberkati pekerjaan kita. Jika kita saat ini dapat menikmati hidup yang berkecukupan, bahkan berkelimpahan, mari kita mengucap syukur karena semua itu adalah pemberian Tuhan. Ada tujuan Tuhan ketika Dia memberkati kita, yaitu agar kita menjadi berkat dan mendukung pekerjaan-Nya.

Kiranya semua berkat yang kita miliki membawa kita semakin dekat dengan Tuhan. Haleluya!

Ikuti Kami