4 Cara Bijak Ibu Rumah Tangga Kelola Uang di Tengah Masa Krisis

Relationship / 7 September 2022

Kalangan Sendiri

4 Cara Bijak Ibu Rumah Tangga Kelola Uang di Tengah Masa Krisis

Lori Official Writer
407

Anda para ibu tentunya sudah mulai merasa deg-degan dengan kondisi harga-harga kebutuhan yang mulai naik. Jika tidak dikondisikan, keuangan keluarga bisa saja jebol.

Sebagai ibu manajer keuangan rumah tangga yang bijak, Anda tentu tidak ingin membuang-buang uang untuk kebutuhan yang tidak bahkan kurang penting. Karena itu, para ibu rumah tangga pasti akan melakukan 4 cara ini untuk sebisa mungkin mengelola keuangan dengan bijak.

1. Membuat Budget Belanja Mingguan

Belanja kebutuhan menjadi pengeluaran paling besar setiap bulannya. Jadi untuk bisa mengatur keuangan, ada baiknya membuat budget belanja mingguan. 

Ada baiknya juga jika ibu belanja sekali seminggu supaya karena biasanya belanja dalam jumlah banyak akan membuat harga jauh lebih murah. Jadi sebelum berbelanja, pastikan sudah punya daftar menu apa yang perlu disiapkan selama sepekan ke depan.

 

Baca Juga: Tips Belanja Hemat Di Supermarket

 

2. Belanja Diskon

Untuk mensiasati pengeluaran, ibu bijak biasanya akan memanfaatkan diskon, cashback dan promo-promo lain untuk tetap berhemat saat belanja.

Nah, cara ini sangat cocok dimanfaatkan ketika belanja kebutuhan rumah tangga maupun jasmani lain seperti belanja pakaian dan keperluan fisik lainnya.

 

3. Bekali Suami dan Anak Setiap Hari

Alih-alih harus makan di luar, membekali anak dan suami setiap hari akan sangat mengurangi biaya pengeluaran.

Karena itu, seorang ibu yang bijak akan berusaha untuk membuat menu makanan yang menarik dan bervariasi setiap harinya supaya suami dan anak gak bosan.

 

4. Bawa Cemilan dan Minuman Dari Rumah

Membeli kopi atau cemilan di sela-sela jam kerja secara gak sadar sangat memboroskan. Apalagi kalau jajannya sudah ketagihan setiap hari. Wah, bisa bangkrut!

Untuk menyiasati hal ini, para ibu bijak akan memilih untuk selalu membuatkan cemilan dan juga mempersiapkan kopi dari rumah untuk bekal selama bekerja. Dengan cara ini keinginan untuk jajan di luar pun bisa direm. 

 

Baca Juga: Penuhi 4 Kebutuhan Ini Dengan Bijak Saat Hadapi Inflasi

 

Tentu saja untuk menjalankan penghematan ini, ibu bijak perlu menyampaikan pengertian kepada suami maupun anak. Pastikan supaya anak tahu alasan utama kenapa mereka dibatasi jajan. Sementara suami bisa belajar mengontrol pengeluaran lain yang kurang penting, seperti untuk memenuhi hobinya. Jika kondisi keuangan mendukung untuk hal tersebut, ibu bijak perlu memenuhi keinginan suami.

Berhemat tentu saja tidak sama dengan menjadi pelit. Karena itu penting bagi para ibu untuk belajar mengelola keuangan rumah tangga yang tepat. Dengan cara ini, Anda gak perlu kuatir dengan situasi ekonomi saat ini ya.

“Harta yang indah dan minyak ada di kediaman orang bijak, tetapi orang yang bebal memboroskannya..” (Amsal 21: 20)

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami