Penuhi 4 Kebutuhan Ini Dengan Bijak Saat Hadapi Inflasi

Finance / 6 September 2022

Kalangan Sendiri

Penuhi 4 Kebutuhan Ini Dengan Bijak Saat Hadapi Inflasi

Lori Official Writer
462

Kenaikan BBM sejak Sabtu, 3 September 2022 kemarin diprediksi akan menjadi awal dari terjadinya inflasi. Pasalnya, kenaikan BBM secara otomatis akan berdampak kepada kenaikan harga ongkos transportasi, bahan pangan, kebutuhan fisik hingga suku bunga. Tanpa sadar nilai pendapatan kita sebelumnya yang sudah cukup untuk menutupi berbagai kebutuhan, kini berubah nilai.

Tingkat inflasi bahkan bisa mencapai 6-7% hingga di akhir tahun 2022, mau tidak mau harus memaksa kita untuk lebih bijak mengalokasikan keuangan, khususnya memprioritaskan 4 kebutuhan pokok berikut:

1. Makanan

Inflasi akan menyebabkan naiknya berbagai bahan makanan. Dengan kondisi keuangan yang ketat, kita perlu menghemat biaya belanja. 

Lakukan 4 tips ini untuk biaya belanja yang lebih hemat.

1. Pilih tempat perbelanjaan yang lebih terjangkau. Mungkin sebelum inflasi Anda kerap berbelanja di supermarket besar seperti Hypermart, Farmers dan sebagainya, maka untuk lebih menghemat biaya cobalah untuk mencari tempat perbelanjaan yang lebih terjangkau. Misalnya, toko kelontong atau warung belanja.

2. Tentukan menu makanan yang lebih hemat namun sehat. Sehat tidak harus mahal. Ya, tentunya ada banyak menu dan bahan makanan yang sehat dan bahkan murah yang bisa kita olah di rumah. Misalnya, menu ikan teri sambal dan sayur hijau rebus yang tak kalah sehat dengan seekor tuna. 

Bahan makanan yang lebih terjangkau akan membuat kantong jauh lebih hemat.

3. Hindari kebiasaan membeli barang yang tidak dibutuhkan. Kebutuhan pokok seperti nasi dan lauk untuk sarapan hingga makan malam adalah prioritas belanja Anda. Jadi, mulailah berpikir untuk terlalu banyak jajan cemilan atau makanan tambahan lain yang kurang esensi. 

Dengan memegang ketat anggaran belanja prioritas, maka keuangan Anda akan tetap stabil selama masa inflasi yang tidak tentu ini.

4. Cari promo. Diskon, cashback dan bahkan kupon belanja bisa sangat membantu mengurangi pengeluaran bulanan. 

Jadi, cobalah untuk membeli barang yang menawarkan promosi supaya lebih hemat.

 

2. Tagihan Bulanan

Tagihan bulanan seperti listrik, air, internet dan pulsa juga bisa sangat memberatkan. Apalagi jika dipakai secara boros tanpa perhitungan. 

Nah, Anda bisa melakukan beberapa cara supaya tagihan bulanan lebih hemat.

1. Hindari pemakaian yang tidak perlu. Misalnya mencuci pakaian dengan mesin cuci ketika pakaian sudah cukup dicuci sekaligus. Hal ini akan sangat menghemat biaya listrik dan air.

Hal yang sama juga berlaku untuk penggunaan listrik, misalnya menghemat pemakaian AC, lampu maupun kipas angin.

2. Lakukan penghematan pemakaian peralatan rumah tangga. Jika tagihan bulanan Anda sudah mulai membengkak, ini saatnya untuk mengurangi pemakaian peralatan rumah tangga. Alih-alih memakai blender listrik, cobalah memakai alat manual yang lebih hemat.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Ramseysolutions.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami