Tips Belanja Hemat Di Supermarket

Investment / 28 July 2009

Kalangan Sendiri

Tips Belanja Hemat Di Supermarket

Tammy Official Writer
3633

Setiap bulan, minimal sekali Anda berbelanja ke supermarket, bukan? Jadi bila ingin menyehatkan kondisi keuangan, mulailah dengan melakukan penghematan di sektor ini. Berikut ini Tips belanja hemat di supermarket:

1. Buat Daftar Belanja. Daftar belanja seringkali dianggap sepele dan akhirnya diabaikan. Padahal, ini pentng untuk Anda lakukan sebelum pergi berbelanja. Dengan menyusun daftar barang yang akan dibeli, Anda belajar disiplin dan patuh pada rencana balanja yang telah Anda susun sndiri. ercayalah, di tempat Anda belanja nanti akan banyak barang-barang yang membuat Anda tertarik untuk membelinya. Jadi, biasakan fokus! Itulah gunanya daftar belanja dibuat.

2. Katalog dan Surat Kabar. Jika teliti membaca surat kabar, Anda akan melihat bahwa di hari-hari tertentu (misalnya, Kompas hari Jumat) sejumlah supermarket akan mengiklankan produk-produk andalan mereka yang sedang turun harga. Biasanya harga tersebut berlaku selama akhir pekan atau dari Jumat-Minggu, harga dijamin bersaing. Anda juga bisa melihat harga barang yang sedang diturunkan lewat katalog. Setiap supermarket rutin mengeluarkan katalog harga, yang biasanya berlaku selama 1 bulan. Nah, mulai sekarang jangan malas membaca surat kabar atau selebaran. Siapa tahu hari ini Anda sedang beruntung mendapatkan potongan harga untuk barang yang memang ingin Anda beli.

3. Midnight Sale. Midnight Sale hanya ada di Giant Hypermarket, setiap hari Sabtu pukul 22.00 - 24.00 WIB. Supermarket ini mengadakan acara Midnight Sale. Acara ini memberikan potongan harga alias diskon cukup besar untuk items tertentu. Bahkan kadang sampai banting harga. Belanja hemat dengan suasana yang tidak terlalu ramai!

4. Lambang ‘Paling Murah'. Ingin mendapakan harga murah, carilah barang dengan lambang ‘paling murah' atau ‘harga promosi'. Meski bedanya mungkin tipis, paling tidak harganya lebih miring. Jika Anda menganggap harga murah pasti berkualitas tiak bagus, hal itu belum tentu seperti itu. Terkadang harga murah karena barang tersebut adalah produk baru, produk yang dikeluarkan oleh supermarket itu sendiri atau produk tersebut masih dalam tahap promosi. Jadi harganya tidak semahal produk-produk yangsudah terkenal dan sidah beriklan sana-sini.

5. Beli 2 Gratis 1. Terkadang di saat-saat tertentu, supermarket memberikan penawaran beli satu gratis satu produk yang sama. Bahkan ada juga yang beli 2 gratis satu lagi. Nah, manfaatkan penawaran ini sebaik-baiknya. Memang mungkin Anda akan keluar uang lebih karena harusnya membeli satu jadi dua. Namun ingat, produk gratis yang Adna dapatkan bisa Anda gunakan sebagai stok. Jadi Anda tak perlu mengeluarkan uang untuk membeli barang tersebut saat belaja bulan berikutnya.

6. Belanja Hari Jumat. Supermarket tertentu sering mengadakan program promosi potongan harga ataupun cash back. Biasanya promosi ini bekerja sama dengan Bank atau penerbitkartu kredit. Misalnya kartu kredit BNI yang pernah membuat promosi bernama Jumat Hemat. Pada hari itu, cash back diberikan untuk customer yang bertransaksi di supermarket pada hari Jumat saja.

Belanja Hemat di Supermarket7. Membeli Borongan. Membeli barang dengan harga eceran biasanya lebih mahal dibandingkan jika Anda membeli dalam jumlah besar atau borongan. Memang selisihnya kadang tidak terlalu banyak. Namun, jika Anda menghitungnya dalam anggaran bulanan, lumayan juga tuh! Untuk barang-barang tertentu seperti sabun mandi, pasta gigi, tisu, sebaiknya dibeli dalam jumlah besar. Umumnya ‘jatuhnya' akan lebih murah jika dibeli dalam jumlah banyak sekaligus. Toh, barang ini bisa Anda simpan untuk jangka waktu cukup lama.

8. Bandingkan Berat dan Harga. Jika ingin mendapatkan harga lebih murah, jangan pernah malas meliha sebuah produk dari berat atau unitnya. Biasanya untuk satu jenis produk, tersedia dalam berbagai merk. Dengan membandingkan berat dan merk, Anda bisa mengetahui mana yang lebih murah. Nah dari situ, Anda bisa menghemat cukup banyak.

9. Buah Harga Miring. Bila Anda ingin menghemat pembelian buah, belilah buah dalam kondisi matang yang sudah dikupas. Dalam artian, tidak akan bertahan untuk waktu yang cukup lama. Biasanya supermarket akan memberi diskon yang cukup besar. Tapi mesti diingat, buah tersebut memang untuk dikonsumsi segera. Hal ini juga bisa berlaku untuk barang seperti kue basah dan makanan matang.

Sumber : tipsanda.com
Halaman :
1

Ikuti Kami