10 Peran Penting Ini Tidak Bisa Diperankan Oleh Manusia, Hanya Tuhan yang Bisa (Bagian 2)

Kata Alkitab / 31 August 2022

Kalangan Sendiri

10 Peran Penting Ini Tidak Bisa Diperankan Oleh Manusia, Hanya Tuhan yang Bisa (Bagian 2)

Claudia Jessica Official Writer
460

Manusia bisa melakukan banyak hal, tetapi Tuhan bisa melakukan lebih banyak. Bahkan apa yang tidak pernah kita lihat, apa yang tidak pernah kita dengar, apa yang tidak pernah timbul di dalam hati, Tuhan bisa melakukan semuanya. Inilah 10 dari banyak hal yang hanya bisa dilakukan oleh Tuhan, bukan manusia.

Sebelum melanjutkan, baca bagian 1 klik di sini.

 

6. Petunjuk Arah

Apakah Anda merasa kehilangan dan membutuhkan petunjuk arah? Tuhan bisa melakukannya. Mazmur 48:15 menyatakan, “Sesungguhnya inilah Allah, Allah kitalah Dia seterusnya dan untuk selamanya! Dialah yang memimpin kita!"

Kemudian Mazmur 25:8-10 mengatakan, “TUHAN itu baik dan benar; sebab itu Ia menunjukkan jalan kepada orang yang sesat. Ia membimbing orang-orang yang rendah hati menurut hukum, dan Ia mengajarkan jalan-Nya kepada orang-orang yang rendah hati. Segala jalan TUHAN adalah kasih setia dan kebenaran bagi orang yang berpegang pada perjanjian-Nya dan peringatan-peringatan-Nya.”

Tuhan hidup di dalam diri kita untuk memimpin, membimbing, dan mengarahkan jalan kita, tetapi yang pertama-tama, kita harus menyerah dalam kedagingan dan mengizinkan Dia untuk memimpin.

 

BACA JUGA: Ternyata Inilah yang Dimaksud dengan Bayangan oleh Perjanjian Lama di Alkitab

 

7. Penghibur

Di saat susah, sedih, atau berduka, Tuhan menjadi penghibur bagi kita. 2 Korintus 1:3 mengatakan, “Terpujilah Allah, Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, Bapa yang penuh belas kasihan dan Allah sumber segala penghiburan.”

2 Tesalonika 2: 16-17 juga mengatakan, “Dan Ia, Tuhan kita Yesus Kristus, dan Allah, Bapa kita, yang dalam kasih karunia-Nya telah mengasihi kita dan yang telah menganugerahkan penghiburan abadi dan pengharapan baik kepada kita, kiranya menghibur dan menguatkan hatimu dalam pekerjaan dan perkataan yang baik.”

Kedua perikop ini menunjukkan bahwa ketika kita mengizinkan Tuhan untuk mengisi peran sebagai penghibur, kita bisa mendapat kekuatan dan harapan untuk melewati masa-masa sulit hidup kita.

 

8. Penyedia

Saya punya kebutuhan, Anda punya kebutuhan, semua anak Tuhan punya kebutuhan, dan coba tebak? Salah satu dari banyak peran Tuhan adalah untuk memenuhi kebutuhan kita sebagai penyedia. Filipi 4:19 mengatakan, “Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus.”

Bagian ini mengarahkan kita ke sumber daya kita. Meskipun mungkin kita tidak mendapatkan semua yang kita inginkan, tapi Tuhan dengan murah hati menyediakan apa yang kita butuhkan. Jangan salah paham, ada kalanya kita mungkin merasa kebutuhan kita tidak terpenuhi secepat yang kita inginkan, atau mungkin kebutuhan kita dikacaukan dengan keinginan kita, tetapi sebenarnya Tuhan selalu menyediakan.

 

BACA JUGA: 3 Tokoh Alkitab yang Ajarkan Soal Respon yang Benar Saat Disalahkan Orang Lain

 

9. Pembela

Ada saat-saat dalam hidup ketika kita terluka. Sifat manusia adalah untuk membalas apa yang mereka terima. Fakta bahwa Tuhan adalah pembela kita adalah pemikiran yang harus kita latih dalam pikiran kita. Roma 12:19 mengatakan, “Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah kamu sendiri menuntut pembalasan, tetapi berilah tempat kepada murka Allah, sebab ada tertulis: Pembalasan itu adalah hak-Ku. Akulah yang akan menuntut pembalasan, firman Tuhan.”

Bagian terakhir dari 2 Tawarikh 20:15 juga mengingatkan kita, “Beginilah Firman Tuhan kepadamu: Janganlah kamu takut dan terkejut karena laskar yang besar ini, sebab bukan kamu yang akan berperang melainkan Allah.”

Bahkan ketika musuh tampak akan menang, sebenarnya Tuhan selalu berjuang untuk kita. Tentu saja, kita mungkin akan mengalami kesulitan, tetapi Tuhan telah berulang kali membuktikan bahwa Dia tetap setia pada janji-Nya.

 

10. Pembebas

Mazmur 34:20 mengatakan, “Kemalangan orang benar banyak, tetapi TUHAN melepaskan dia dari semuanya itu.”

Kita diingatkan bahwa hidup ini penuh dengan masalah, tetapi kebenaran yang harus kita ingat adalah bahwa Tuhan adalah penyelamat kita. Dia murah hati untuk memperingatkan kita bahwa rasa sakit dan penderitaan akan datang dan cukup penuh kasih untuk berjanji membebaskan kita.

Jadi, di tangah banyak ujian dan cobaan, tetaplah berpegang teguh pada kenyataan bahwa Tuhan adalah penyelamat kita.

Sumber : iBelieve
Halaman :
1

Ikuti Kami