Ternyata Inilah yang Dimaksud dengan Bayangan oleh Perjanjian Lama di Alkitab

Kata Alkitab / 22 August 2022

Kalangan Sendiri

Ternyata Inilah yang Dimaksud dengan Bayangan oleh Perjanjian Lama di Alkitab

asH Krisdiantoro Contributor
560

Ibrani 10:1

“Di dalam hukum Taurat hanya terdapat BAYANGAN saja dari keselamatan yang akan datang, dan bukan hakekat dari keselamatan itu sendiri. Karena itu dengan korban yang sama, yang setiap tahun terus-menerus dipersembahkan, hukum Taurat tidak mungkin menyempurnakan mereka yang datang mengambil bagian di dalamnya.”

 

Kolose 2:16-17

“Karena itu janganlah kamu biarkan orang menghukum kamu mengenai makanan dan minuman atau mengenai hari raya, bulan baru ataupun hari Sabat; semuanya ini hanyalah BAYANGAN dari apa yang harus datang, sedang wujudnya ialah Kristus.”

 

Ada perbedaan antara bayangan dan substansi yang memberikan bayangan. Bayangan memberikan berbagai manfaat, tetapi memiliki keterbatasan. Bayangan dapat memberikan atau memperlihatkan realitas secara aktual, tetapi tidak dapat menyediakan apa yang melekat pada realitas.

Perjanjian Lama diumpamakan seperti bayangan. Di dalam hukum Taurat, hanya terdapat bayangan saja dari keselamatan yang akan datang, dan bukan hakikat dari keselamatan itu sendiri. Perjanjian Baru (sumber daya Allah yang cukup tersedia secara cuma-cuma di dalam Kristus) adalah substansinya. "Substansinya adalah Kristus."

 

Baca juga : Soal Kuis Alkitab dari Perjanjian Lama Beserta Jawabannya

 

Kristus dengan sempurna menggenapi semua yang dilambangkan oleh pengorbanan-pengorbanan dalam Perjanjian Lama, semua manfaat yang diinginkan tersedia bagi mereka yang mau percaya kepada-Nya. ‘Domba Paskah’ adalah contoh yang jelas dari kebenaran ini.

"…Pergilah, ambillah kambing domba untuk kaummu dan sembelihlah anak domba Paskah. …Dan TUHAN akan menjalani Mesir untuk menulahinya; apabila Ia melihat darah pada ambang atas dan pada kedua tiang pintu itu, maka TUHAN akan melewati pintu itu dan tidak membiarkan pemusnah masuk ke dalam rumahmu untuk menulahi.” (Keluaran 12:21, 23)

Bayangan tentang pembebasan sementara ini menjadi substansi pembebasan permanen di dalam Kristus, yang membebaskan kita dari penghakiman kekal. "Sebab anak domba Paskah kita juga telah disembelih, yaitu Kristus." (1 Korintus 5:7)

Karakteristik lain yang seperti bayangan dari hukum dapat dilihat dalam perintah-perintahnya yang benar. Apapun tuntutan hukum berhubungan dengan kekudusan, kebenaran. "Kuduslah kamu, karena Aku, TUHAN, Allahmu, kudus." (Imamat 19:2) Panggilan kepada kebenaran ini hanya dapat menjadi kenyataan yang substansial melalui Tuhan Yesus Kristus:

 

Baca juga : Fakta Alkitab: Kapan Roh Kudus Hadir? Sejak Perjanjian Lama atau Setelah Hari Pentakosta?

 

“Malahan segala sesuatu kuanggap rugi, karena pengenalan akan Kristus Yesus, Tuhanku, lebih mulia dari pada semuanya. Oleh karena Dialah aku telah melepaskan semuanya itu dan menganggapnya sampah, supaya aku memperoleh Kristus, dan berada dalam Dia bukan dengan kebenaranku sendiri karena mentaati hukum Taurat, melainkan dengan kebenaran karena kepercayaan kepada Kristus, yaitu kebenaran yang Allah anugerahkan berdasarkan kepercayaan.” (Filipi 3:8-9)

Semua karena apa yang telah Tuhan Yesus lakukan untuk kita. Kita tidak bisa melakukan apapun dengan sempurna, namun hanya Tuhan Yesuslah yang menyempurnakannya. Ini semua bukan tentang kesempurnaan Hukum Taurat atau perbuatan kita, tetapi tentang Kesempurnaan Tuhan Yesus dan karya-Nya yang luar biasa

Semua hal baik yang akan datang telah dinubuatkan di dalam Perjanjian Lama. Roh Kudus akan membawa dan menuntun kita ke substansi spiritual tak terbatas yang ditemukan hanya di dalam Tuhan Yesus, melalui Perjanjian Baru. Amin.

Semua karya tulis yang dibuat oleh contributor adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Halaman :
1

Ikuti Kami