8 Raja Termuda Dalam Alkitab, Kisah Mereka Benar-benar Fenomenal

Kata Alkitab / 26 August 2022

Kalangan Sendiri

8 Raja Termuda Dalam Alkitab, Kisah Mereka Benar-benar Fenomenal

Lori Official Writer
1569

Di samping fungsinya sebagai penuntun kehidupan orang-orang percaya, Alkitab menjadi buku yang dipenuhi dengan kisah-kisah menarik. Perjanjian Lama menjadi bagian kitab yang diawali dengan kisah sejarah panjang dari Kerajaan Israel.

Dari sana, kita bisa memahami perjalanan dari raja-raja yang berkuasa dari masa ke masa. Sepanjang Alkitab, kisah sebanyak 39 raja disebutkan dan beberapa diantaranya ternyata berkuasa justru di usia yang sangat muda.

Dari keseluruhan isi Alkitab, kita bisa mencatat ada 8 raja termuda, diantaranya:

8. Zedekia (618 SM)

Zedekia adalah Raja Yehuda terakhir dan memerintah antara kurun waktu 597-586 SM. Dia diangkat sebagai raja di usia 21 tahun oleh penguasa kedua Kekaisaran Neo-Babilonia, Nebukadnezar II.

Setelah ditobatkan sebagai raja, Zedekia mengabaikan semua penasihatnya dan memutuskan untuk membuat aliansi dengan Mesir, yang diperintah oleh Firaun Hofra untuk memberontak melawan Nebukadnezar II.

Tindakan ini menyebabkan konsekuensi yang mengerikan bagi Kerajaan Yehuda. Akibat tindakan raja ini, Kekaisaran Neo-Babilonia menyerbu Yerusalem dan memulai pengepungan yang berlangsung selama 30 bulan.

Nebukadnezar II akhirnya berhasil menaklukkan kota itu di akhir tahun kesebelas pemerintahan Zedekia. Raja Yehuda ini mencoba melarikan diri bersama dengan beberapa pengikutnya tetapi tertangkap juga di Yerikho. Dia dibawa ke Ribla untuk menyaksikan kematian putra-putranya. 

Lalu Zedekia disiksa dan matanya dicungkil. Dia kemudian dibawa ke Babel dimana dia dipenjara seumur hidup.

 

7. Ahaz (752 SM)

Ahaz berusia 20 tahun ketika dia menjadi Raja Yehuda yang ke-12. Dia menggantikan ayahnya Yotam dan memerintah selama 16 tahun.

Ahaz adalah raja yang sangat jahat dan kerap mendapat kritikan. Menurut literatur Rabbinic, dia mengancam agama Israel beberapa kali. Dia menutup sekolah dan rumah ibadah dan memaksa nabi Yesaya, yang hidup pada masa itu, untuk mengajar secara sembunyi-sembunyi.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Oldest.org
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami