Bukan Cuma Harta Materi, 6 Jenis Harta Ini Harus Orang Kristen Miliki – Yuli Gloria

Finance / 24 August 2022

Kalangan Sendiri

Bukan Cuma Harta Materi, 6 Jenis Harta Ini Harus Orang Kristen Miliki – Yuli Gloria

Claudia Jessica Official Writer
521

Dalam KBBI, harta memiliki arti barang (uang atau sebagainya) yang menjadi kekayaan; barang milik seseorang. Atau kekayaan yang berwujud dan tidak berwujud yang bernilai.

Bagi seorang Psikolog Yuli Gloria, harta terbagi menjadi enam jenis, yaitu harta hubungan (dengan sesama), harta rohani (hubungan kita dengan Tuhan), harta jiwani (pengetahuan, kemampuan, dan hal lain untuk menambah kompetensi), harta tubuh (kesehatan), harta keluarga (hubungan dengan keluarga), dan harta duniawi (kebutuhan material seperti uang, dan aset-aset material).  

Yang paling utama dari keenam harta tersebut adalah harta rohani, yaitu hubungan kita pribadi dengan Tuhan. Yuli menegaskan bahwa membangun hubungan dengan Tuhan tidak bisa hanya dilakukan seminggu sekali di gereja saja. Melainkan kita perlu membangun hubungan yang intim dengan Tuhan dan melakukan Firman-Nya. Satu-satunya cara untuk bisa melakukan Firman-Nya adalah dengan membaca dan memahami Firman Tuhan itu sendiri.

“(Firman Tuhan) harus dibaca, direnungkan, kemudian baru kita praktekkan. Karena waktu kita lebih banyak di dunia kerja, biasanya kita harus praktekan di situ, selain di keluarga,” pungkas Yuli dalam Jawaban Marketplace.

 

BACA JUGA: Bagaimana Cara Menemukan Bakat Calon Karyawan yang Sesuai dengan Kriteria yang Dicari?

 

Kendati demikian, harta rohani tidak akan cukup apabila orang lain tidak bisa merasakan dampaknya. Maka dari itu, setiap harta memiliki hubungan satu sama lain.

“Dulu saya (tidak membangun hubungan) dengan orang lain, hanya sebatas ketemu (dengan klien), ya sudah,” kata Yuli sebelum mengerti tentang hubungan keenam harta yang dikatakannya.

Sebelumnya, Yuli hanya berpikir untuk mengumpulkan harta duniawi sebanyak-banyaknya agar bisa pensiun dini.

“Ingin mendapatkan hasil sebanyak-banyaknya dulu supaya bisa pensiun di usia muda. Awalnya pikirannya seperti itu, ternyata setelah saya tahu bahwa harta itu bukan hanya materi saja, dan tidak boleh hanya kejar di satu bagian. Nanti bagian yang lain pasti ga balance,” ungkapnya.

Setelah mengikuti sebuah camp, mindset dan pola pikir seorang Yuli Gloria diubahkan. Fokusnya tidak terpaku hanya pada harta materi lagi, melainkan enam harta yang berkaitan satu sama lain.

“Ketika saya sudah mengerti ternyata harta itu ada enam macam, dari situ (saya) mulai jaga makanan juga. Kemudian (mulai membangun) hubungan dengan Tuhan,” pungkas Yuli.

 

BACA JUGA: Awal Karir Jadi Kurir Bandara, Peter Gontha Sukses Hingga Jadi Duta Besar Indonesia

 

Menurut Yuli, kita tidak boleh hanya memilih fokus pada satu atau dua harta saja, melainkan fokus kepada seluruh harta. Jika tidak demikian, kita akan menjadi lemah di sisi yang lain dan tidak bisa mencapai keseimbangan.

“(Kita tidak bisa) yang penting saya menguasai banyak ilmu, yang penting saya bisa mencari uang. Nah, biasanya hubungan dengan Tuhan bisa agak kendur karena menganggap diri kita sudah bisa segala-galanya, seolah udah ga perlu Tuhan. Padahal Tuhan adalah sumber segala hikmat,” ungkap Yuli.

Untuk memiliki work-life balance, kita harus memiliki keseimbangan dari keenam harta yang telah dijelaskan di atas, dan yang paling utama dari semuanya adalah harta rohani.

“Jadi mengejar Tuhan dulu, itu menurut saya sekarang,” tegas Yuli.

Sebagai penutup, Yuli Gloria mengutip Firman Tuhan dari Matius 6:33, “Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.”

 

BACA JUGA: Peter Gontha: “Buat Saya, Sukses Itu Bukan Punya Hotel atau Gedung. Tapi...”

 

Saksikan Jawaban Marketplace episode Yuli Gloria berikut:

Sumber : jawaban marketplace
Halaman :
1

Ikuti Kami