Awal Karir Jadi Kurir Bandara, Peter Gontha Sukses Hingga Jadi Duta Besar Indonesia

Finance / 19 August 2022

Kalangan Sendiri

Awal Karir Jadi Kurir Bandara, Peter Gontha Sukses Hingga Jadi Duta Besar Indonesia

Claudia Jessica Official Writer
483

Peter F. Gontha, mantan Duta Besar Indonesia untuk Polandia ini adalah seorang pendiri dari berbagai perusahaan besar. Peter dikenal sebagai Donald Trump Indonesia karena membangun Indovision, BeritaSatu, RCTI, SCTV, Indonesian Observant, dan masih banyak lagi melalui program Apprentice Indonesia yang tayang di televisi Indonesia.

Bersama Coach Yungky Setiawan, Peter membagikan cerita awal mula ketika dirinya mendapat julukan Donald Trump Indonesia.

“Jadi dibilang Donald Trump (oleh masyarakat), padahal kan saya hanya sebagai (tenaga) profesional saja. Perusahaan-perusahaan itu milik orang lain, saya hanya pelaksana untuk menjalankannya. Mengenai saya diberikan julukan, itu urusan orang-orang yang kasih julukan itu sama saya,” cerita Peter dalam perjalanannya bersama Coach Yungky.

Melalui Jawaban Marketplace, Peter Gontha membagikan kisah perjalanan karirnya yang dimulai dari modal nekat pergi ke Belanda tanpa memiliki apapun.

“Saya nyupir taksi di Belanda, Amsterdam, dan New York juga. Pernah juga kerja di restoran waktu di Belanda. Saya berangkat ke Belanda, umur saya waktu itu baru 18 tahun. Saya berangkat tanpa beasiswa, tanpa apapun, hanya modal tiket dan modal nekat,” kenang Peter.

Rupanya, pekerjaan pertama yang dilakoni oleh Peter Gontha ketika tiba di Belanda adalah menjadi kurir pengangkut barang di salah satu bandara di Amsterdam.

 

BACA JUGA: Kisah CEO yang Ubah Cara Kerja Setelah Bertemu Tuhan

 

“Sebetulnya pertama-tama, saya kerjanya di Schiphol, pak. Di Schiphol Airport itu saya di bagian angkat-angkat koper. Masukin koper ke pesawat terbang,” ungkap Peter.

“Itu pertama kali saya kerja, setelah dari situ, saya jadi pegawai restoran, dari pegawai restoran, kerja di kapal pesiar. Sampai di New York, saya jadi supir taksi,” lanjutnya.

Dalam kesempatan ini, Coach Yungky bertanya pada Pak Peter mengenai kekagumannya. Coach Yungky mengatakan, ketika mengajari anak muda yang sedang meniti karir, ia sering kali mengatakan untuk fokus pada satu bidang agar bisa berkembang. Namun jika melihat Peter Gontha yang berpindah-pindah bidang tetapi bisa berhasil dalam pekerjaannya, membuat Coach Yungky kagum sekaligus bertanya-tanya, apa rahasia keberhasilan sosok Peter Gontha. Dari industri perbankan, industri properti, industri media, industri petrochemical, hingga menjadi komisaris di Garuda Indonesia, semuanya pernah dilakukan oleh Peter.

“Apa saja saya kerjain. Saya tidak ada kepintaran, tapi jiwa saya itu menjiwai segala sesuatu yang saya lakukan. Jujur, dan melaksanakannya dengan sepenuh hati. Kalau gak mau, jangan dikerjakan. Itu aja buat saya,” ungkap Peter.

Coach Yungky mengkonfirmasi bahwa tidak masalah bagi seorang Peter Gontha untuk berpindah-pindah industri selama bisa bisa fokus dan menjiwai apa yang kita kerjakan dengan sepenuh hati.

 

BACA JUGA: Pesan Tuhan Kepada Surya Hadiwinata Benar-benar Dinyatakan Saat Umurnya 30 Tahun!

 

“Tapi yang paling penting adalah how do you treat people, how you interact with people. Gimana kita memotivasi orang lain. Itu yang penting, karena kita sendiri juga tidak bisa (bekerja sendiri) pak,” tambah Peter.

Peter Gontha maupun Coach Yungky menegaskan bahwa dalam bekerja, kita harus bisa bekerja sama dengan orang lain karena kita tidak bisa bekerja sendirian.

 

Bagaimana kita harus bersikap saat menghadapi krisis?

Dalam bekerja, kita juga tidak terlepas dari krisis atau masalah. Kegagalan bisa kita temui kapan saja. Melalui kesempatan kali ini, Peter memberikan rahasia keberhasilannya dalam bekerja, “Saya ada satu pepatah yang dikatakan ibu saya, ‘kalau kamu susah dan kamu masuk ke sebuah lubang, kamu harus mencoba keluar dari lubang itu.’ Kalau kita tetap di lubang itu, kita akan mati. Jadi kita harus berusaha memanjat keluar dari lobang itu agar kita bisa berjalan terus. Kalau kita nyerah, ya sudahlah, selesai kita,” ungkap Peter.

Jadi, apapun tantangan yang kita hadapi jangan pernah menyerah dan cari jalan keluarnya.

 

Saksikan perjalanan karir Peter F. Gontha melalui jawaban marketplace berikut:

Sumber : jawaban marketplace
Halaman :
1

Ikuti Kami