4 Tokoh Kristen yang Berperan Dalam Kemerdekaan Indonesia
Sumber: Jawaban.com

News / 10 August 2022

Kalangan Sendiri

4 Tokoh Kristen yang Berperan Dalam Kemerdekaan Indonesia

Lori Official Writer
5397

3. Pattimura

Thomas Matulessy atau Thomas Matulessia, yang juga dikenal dengan Kapitan Pattimura adalah pahlawan nasional Indonesia yang berasal dari Haria, Saparua, Maluku.

Dia lulus dari pendidikan militer dan memiliki pangkal Sersan Mayor saat bergabung dengan tentara Inggris.

Pattimura lalu memimpin perlawanan rakyat Maluku atas Belanda. Perlawanan ini kemudian dikenal dengan Perang Pattimura.

Sayangnya, perjuangan Pattimura berujung pada penyergapan yang dilakukan oleh para pengkhianat. Dia ditangkap bersama rekan-rekannya yang lain dan dijatuhi hukuman gantung pada 16 Desember 1817 di depan Benteng Nieuw Victoria, Kota Ambon.

 

Baca Juga: Rayakan HUT RI ke 74, Yuk Lakukan 4 Perjuangan Ini Untuk Membangun Negeri

 

4. Dr. Johannes Leimena

Tokoh Kristen yang satu ini adalah lulusan kedokteran. Sebagai penganut Kristen, Leimena melihat kurangnya kepedulian sosial umat Kristiani terhadap nasib bangsa. Hal inilah yang mendorong dia untuk membentuk ‘Gerakan Oikumene’. 

Melalui gerakan ini, Leimena diberikan kepercayaan untuk mempersiapkan Konferensi Pemuda Kristen di Bandung pada tahun 1926. 

Pada tahun 1930, dia diangkap sebagai dokter pemerintah di CBZ Batavia. Lalu dipindahtugaskan ke Karesidenan Kedu, Jawa Tengah. Setelah itu dipindahkan ke Rumah Sakit Immanuel Bandung sejak 1931-s1941. Lalu sempat menjabat sebagai Direktur Rumah Sakit PGI Cikini. 

Melalui Leimena, Partai Kristen Indonesia terbentuk pada tahun 1945. Dari sinilah dia diangkat sebagai menteri di Orde Baru. 

Atas kontribusinya terhadap negara, Leimena diberikan gelar pahlawan Nasional. 

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami