Muncul di China, Ini Fakta Soal Virus Baru Langya

Health / 10 August 2022

Kalangan Sendiri

Muncul di China, Ini Fakta Soal Virus Baru Langya

Lori Official Writer
404

Virus baru kembali ditemukan di China. Seperti diberitakan, virus ini telah menginfeksi sebanyak 35 orang di provinsi Shandong dan Henan.

Virus baru yang disebut Langya ini pertama kali dilaporkan dalam sebuah studi berjudul ‘A Zoonotic Henipavirus in Febrile Patients in China’ pada Kamis, 4 Agustus 2022. Disebutkan bahwa muncul henipavirus baru yang berhubungan dengan penyebab penyakit demam pada manusia dan berisiko menyebabkan kematian yang cukup tinggi yaitu antara 40-75%.

 

Baca Juga: Yuk Kenali Adenovirus 41F yang Diduga Dalang Penyebab Hepatitis Akut Pada Anak

 

Faktanya, hasil studi mengungkapkan bahwa virus Langya menyebabkan beberapa gejala, diantaranya:

  • Demam 
  • Kelelahan
  • Batuk
  • Kehilangan nafsu makan
  • Nyeri otot
  • Mual dan muntah
  • Sakit kepala

Selain itu, para penderita juga akan disertai dengan beberapa kondisi kesehatan yang menurun seperti penurunan sel darah putih, trombosit rendah, gagal hati dan gagal ginjal.

 

Baca Juga: Virus Baru di China Ini Katanya Berpotensi Jadi Pandemi, Benar Begitu?

 

WHO menyampaikan jika virus baru ini tergolong dalam virus tingkat keamanan hayati 4. Virus Langya juga diungkap bersifat zoonosis atau ditularkan dari hewan ke manusia. Tikus sendiri dinyatakan jauh lebih mudah terinfeksi dibanding dengan anjing dan kambing.

Menyikapi kemunculan virus ini, para peneliti sudah mulai melakukan beragam upaya untuk mengidentifikasi asal muasal virus dan cara penyebarannya. Sementara vaksin masih belum ditemukan untuk virus ini, para pasien yang terinfeksi positif diharapkan bisa menjalani perawatan intensif.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami