Memiliki Hati yang Bertobat
Kalangan Sendiri

Memiliki Hati yang Bertobat

Yenny Budhihartono Contributor
      990

2 Tawarikh 7:14

“Dan umat-Ku, yang atasnya nama-Ku disebut, merendahkan diri, berdoa dan mencari wajah-Ku, lalu berbalik dari jalan-jalannya yang jahat, maka Aku akan mendengar dari sorga dan mengampuni dosa mereka, serta memulihkan negeri mereka.”

Bacaan setahun : Mazmur 25; Matius 25; 2 Tawarikh 27-28

Latar belakang dari ayat ini adalah ketika Tuhan menampakkan diri dan berbicara kepada Salomo untuk kedua kalinya. Saat Salomo berhasil menyelesaikan rumah Tuhan dan istana raja, bahkan melakukan segala hal dengan hikmat Tuhan.

Allah berbicara kepada Salomo tentang bagaimana Dia sangat menyayangi umat-Nya dan ingin mereka mengalami pemulihan. Pemulihan yang dijanjikan Tuhan tidak akan terjadi tanpa sesuatu yang disebutkan dalam ayat 14a - "merendahkan diri, berdoa dan mencari wajah-Ku, lalu berbalik dari jalan-jalannya yang jahat." Tuhan ingin hati yang murni di hadapan-Nya, yaitu mau "BERTOBAT".

Ketika bangsa Israel memandang hanya kepada Allah dan memiliki hati yang mau bertobat, maka Janji Tuhan dalam ayat 14b - "maka Aku akan mendengar dari sorga dan mengampuni dosa mereka, serta memulihkan negeri mereka." Suatu pemulihan hidup yang akan terjadi bagi bangsa Israel.

Sebagai orang percaya, ketika kita menghadapi ujian, cobaan bahkan masalah yang tidak pernah berakhir, seringkali pikiran kita diliputi oleh pertanyaan dan keraguan. Bahkan menyalahkan semua hal termasuk Tuhan.

Padahal seharusnya kita mengambil langkah awal dahulu yaitu BERTOBAT dengan merendahkan diri, berdoa, mencari wajah Tuhan dan segera menyadari kesalahan kita. Kemudian berbalik dari jalan kita yang salah. Tuhan pasti mengampuni dosa kesalahan kita, dan memulihkan kembali hidup kita.

Dia ingin kita memiliki "HATI YANG BERTOBAT". Ingat! Bukanlah hal yang sukar bagi Tuhan untuk memulihkan hidup kita. Dia adalah Tuhan! Namun Tuhan ingin sikap hati kita , ketika kita memiliki hati yang bertobat maka pemulihan demi pemulihan pasti terjadi.

Ikuti Kami