Jangan Munafik! Ini yang Alkitab Tegaskan Soal Menjadi Orang Kristen Sejati

Kata Alkitab / 19 July 2022

Kalangan Sendiri

Jangan Munafik! Ini yang Alkitab Tegaskan Soal Menjadi Orang Kristen Sejati

Lori Official Writer
1810

Orang Kristen yang Sejati

“Jadi dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka.” (Matius 7: 20)

Orang Kristen sejati adalah orang yang sudah menerima Kristus sebagai juruslamat. Sehingga Roh Kudus hidup di dalam orang tersebut dan dalam kehidupannya dia menghasilkan buah-buah kehidupan yang manis.

Orang Kristen yang sudah menerima Yesus akan hidup dengan menjaga perkataan dan tindakan yang dipenuhi dengan buah roh yang dituliskan di dalam Galatia 5: 22-23, “Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.”

Selain itu, orang Kristen sejati akan menjauhi kejahatan dan hidup melimpah dengan kebaikan dan kemurahan hati. “Ibadah yang murni dan yang tak bercacat di hadapan Allah, Bapa kita, ialah mengunjungi yatim piatu dan janda-janda dalam kesusahan mereka, dan menjaga supaya dirinya sendiri tidak dicemarkan oleh dunia.” (Yakobus 1: 27) 

Bukan berarti orang-orang Kristen sejati tidak pernah berbuat dosa. Karena hanya Yesus satu-satunya pribadi yang tanpa cela (1 Petrus 2: 22; 2 Korintus 5: 21; 1 Yohanes 3: 5, Ibrani 4: 15). Saat orang Kristen sejati melakukan dosa, Roh Kudus akan menegur dan menghasilkan pertobatan. Karena itulah Tuhan mau orang-orang percaya terus menjalani proses pertobatan sepanjang hidupnya.

 

Baca Juga: Jangan Munafik! Tuhan Tidak Mau Kita Menjadi Batu Sandungan

 

Ada perjuangan yang harus dilakukan oleh orang-orang Kristen sejati di dalam menjalani kehidupannya. Karena pastinya akan muncul berbagai-bagai godaan yang harus dihadapi sebagai ujian dari iman. Sampai pada akhirnya nanti, orang-orang Kristen sejati akan mempertanggungjawabkan cara hidupnya kepada Tuhan.

“Sebab kita semua harus menghadap takhta pengadilan Kristus, supaya setiap orang memperoleh apa yang patut diterimanya, sesuai dengan yang dilakukannya dalam hidupnya ini, baik ataupun jahat.” (2 Korintus 5: 10)

Tuhan tahu semua isi hati kita, bagian yang paling tersembunyi di dalam diri kita. Bahkan saat kita mengenakan topeng kemunafikan di luar diri kita, Tuhan yang lebih dulu mengetahuinya.

Jadi, orang-orang Kristen sejati ini akan terlihat berbeda dari yang lainnya. Karena orang lain bisa mencicipi buah yang manis dari kehidupannya. Seperti yang disampaikan Yesus dalam Matius 7: 17-20, “Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik. Tidak mungkin pohon yang baik itu menghasilkan buah yang tidak baik, ataupun pohon yang tidak baik itu menghasilkan buah yang baik. Dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api. Jadi dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka.”

 

Baca Juga: Sukacita & Hidup Merdeka Tanpa Topeng Kemunafikan

 

Sebaliknya, Yesus menyampaikan hal ini kepada orang-orang yang tidak mengasihi-Nya dengan segenap hati.

“Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga. Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga? Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!” (Matius 7: 21-23)

Apakah Anda ingin menjadi bagian dari orang-orang Kristen sejati? Hari ini, datanglah kepada Tuhan. Akui segalanya dihadapan-Nya dan mintalah hati yang baru, yang benar-benar dipenuhi dengan Roh Kudus. 

Teruslah mengoreksi hati Anda melalui kebenaran firman Tuhan.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami