Sering Mimpi Terjatuh Dari Ketinggian Saat Tidur? Ternyata Ini Penyebabnya

Health / 19 July 2022

Kalangan Sendiri

Sering Mimpi Terjatuh Dari Ketinggian Saat Tidur? Ternyata Ini Penyebabnya

Aprita L Ekanaru Official Writer
714

Saat sedang tertidur pulas, tiba-tiba saja Anda seperti dijatuhkan dari ketinggian ke dasar jurang sehingga Anda tersentak bangun dengan kaget. Kondisi demikian bisa jadi merupakan Hypnic Jerk.

Hypnic Jerk atau yang sering disebut dengan Myoclonus merupakan kedutan atau kejang otot singkat di bawah sadar yang terjadi ketika orang mulai tertidur, sehingga menyebabkan terkejut dan terbangun. Selain itu, penderita Hypnic Jerk juga dapat mengalami gejala seperti mendengar suara letusan kecil atau melihat kilatan cahaya.

Fenomena ini dikaitkan dengan meningkatnya frekuensi denyut jantung, meningkatnya frekuensi pernafasan, berkeringat dan terkadang disertai dengan rasa kaget atau sensasi jatuh.

 

BACA JUGA: Tidur Berkualitas Bisa Bantu Cegah Penyakit Kronis, Buat Tidur Berkualitas dengan Cara Ini

 

Hypnic Jerk biasanya terjadi karena Anda melakukan pekerjaan yang berat pada malam hari, stres, gelisah, dan mengonsumsi kafein , nikotin, atau alkohol. Selain itu, mereka yang mengalami kondisi medis yang cukup berat juga bisa mengalami Hypnic Jerk.

Kondisi medis yang dimaksud misalnya infeksi, gagal ginjal, gagal hati, keracunan, efek samping obat, gangguan metabolisme, gangguan autoimun, cedera tulang belakang atau kepala, sindrom kaki gelisah, gangguan penyimpanan lemak, dan beberapa gangguan sistem saraf.

Meskipun demikian, Hypnic Jerk dapat terjadi sesekali pada seseorang yang sehat. Umumnya hal tersebut akan membaik dengan sendirinya tanpa perlu pengobatan khusus. Jadi, Anda tidak perlu terlalu khawatir jika pernah mengalami hal ini sebelumnya.

Beberapa teori menyebutkan bahjwa stres, kopi, kecemasan, olahraga di malam hari, dan gangguan tidur malam hari juga dapat menyebabkan kondisi Hypnic Jerk.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->>

Cara mengatasi Hypnic Jerk bisa dengan mengurangi hal-hal yang dapat meningkatkan risiko mengalami Hypnic Jerk. Lakukan tips di bawah ini:

  • Kurangi konsumsi kafein harian Anda.
  • Kurangi konsumsi alkohol.
  • Lakukan olah raga yang menenangkan seperti pilates dan yoga.
  • Minum minuman herbal.
  • Lakukan relaksasi sebelum tidur.
  • Konsumsi suplemen tambahan seperri magnesium dan kalsium.

 

BACA JUGA: Mau Punya Badan Sehat dan Bugar? Praktekkan 7 Cara Sederhana Ini

 

Jangan biarkan Hypnic Jerk menganggu tidur Anda, sebisa mungkin hindari penyebabnya. Segera konsultasikan kepada dokter jika gangguan Hypnic Jerk semakin mengganggu waktu istrihat Anda. Apalagi jika kondisi yang dialami membuat Anda gelisah dan stres.

Sumber : Alodokter.com | Onestdocs.id
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami