Kasus Covid-19 Melonjak di Tanah Air, Menkes Budi Ungkap Penyebabnya

News / 1 July 2022

Kalangan Sendiri

Kasus Covid-19 Melonjak di Tanah Air, Menkes Budi Ungkap Penyebabnya

Aprita L Ekanaru Official Writer
647

Setelah terkonfirmasi masuknya subvarian baru Omicron BA.4 dan BA.5 pertama kali di Indonesia pada 6 Juni 2022 membuat kasus Covid-19 di tanah air kembali melonjak naik. Meskipun subvarian ini tidak memiliki gejala yang serius, namun tingkat kenaikan kasus terkonfirmasi terus naik secara signifikan.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI dr. Mohammad Syahril, Sp.P, MPH mengatakan di tingkat global secara epidemiologi subvarian BA.4 sudah dilaporkan sebanyak 6.903 sekuens melalui GISAID. Laporan tersebut berasal dari 58 negara dan ada 5 negara dengan laporan BA.4 terbanyak, antara lain Afrika Selatan, Amerika Serikat, Britania Raya, Denmark, dan Israel.

Sedangkan BA.5 sudah dilaporkan sebanyak 8.687 sekuens dari 63 negara. Ada 5 negara dengan laporan sekuens terbanyak yaitu Amerika, Portugal, Jerman, Inggris, dan Afrika Selatan.

 

BACA JUGA: Kasus Aktif Covid-19 Tembus 10 Ribu, Satgas Covid-19 Keluarkan Aturan Baru Ini

 

“Dari laporan itu disampaikan bahwa transmisi BA.4 maupun BA.5 memiliki kemungkinan menyebar lebih cepat dibandingkan subvarian omicron BA.1 dan BA.2. Kemudian tingkat keparahan dari BA.4 dan BA.5 disampaikan tidak ada indikasi menyebabkan kesakitan lebih parah dibandingkan varian omicron lainnya,” kata dr. Syahril pada konferensi pers secara virtual di gedung Kemenkes, Jakarta, pada beberapa pekan lalu.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA >>

Sumber : sehatnegeriku.kemkes.go.id | msn.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami