Kasus Covid-19 Melonjak di Tanah Air, Menkes Budi Ungkap Penyebabnya
Sumber: msn.com

News / 1 July 2022

Kalangan Sendiri

Kasus Covid-19 Melonjak di Tanah Air, Menkes Budi Ungkap Penyebabnya

Aprita L Ekanaru Official Writer
2397

Ternyata hal ini telah diprediksi oleh Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin. Semula banyak diduga karena mobilitas masyarakat yang sangat tinggi selama momen Lebaran 2022, tetapi Budi menyebut bahwa kenaikan kasus terjadi karena adanya subvarian baru. Budi mengacu pada negara lain yang juga mengalami peningkatan kasus karena adanya subvarian baru ini.

"Kita lihat setiap kali terjadi lonjakan besar tiap negara, itu bukan karena hari raya keagamaan besar, tapi karena ada varian baru," ujarnya saat konferensi pers PPKM beberapa waktu lalu.

Kedua subvarian ini dinilai para ahli punya pola penyebaran yang sangat cepat. Prediksi Menkes berikutnya adalah puncak kasus subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 akan terjadi pada Juli ini.

"Pengamatan kami ini, gelombang BA.4, BA.5 itu biasanya puncaknya tercapai satu bulan setelah penemuan kasus pertama. Jadi harusnya di minggu kedua Juli, minggu ketiga Juli, kita akan melihat puncak kasus BA.4 dan BA.5 ini," kata Budi.

 

BACA JUGA: Waspada! Kemenkes Umumkan Covid-19 Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 Masuk ke Indonesia

 

Selain tetap menerapkan protokol kesehatan, Menkes Budi juga mendorong masyarakat untuk mendapatkan vaksinasi booster sebagai upaya melindungi diri. Sudahkah Anda mendapatkannya? Segera lengkapi vaksinasi Anda dengan mengunjungi fasilitas kesehatan di sekitar Anda.

Sumber : sehatnegeriku.kemkes.go.id | msn.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami