Hidup oleh Iman
Kalangan Sendiri

Hidup oleh Iman

Dwi Agus Priono Contributor
      928

Ayat Alkitab : Galatia 3:5-18

Galatia 3:11

Dan bahwa tidak ada orang yang dibenarkan di hadapan Allah karena melakukan hukum Taurat adalah jelas, karena: “Orang benar akan hidup oleh iman.”

 

Bacaan Setahun : Mazmur 1; Matius 1; 1 Raja-Raja 17-18 

Surat Galatia ada karena orang-orang percaya disana terpengaruh oleh ajaran dari Yudaisme yang mengatakan bahwa manusia tidak dapat dibenarkan hanya dengan percaya, namun harus juga melakukan hukum Taurat. Untuk menepis ajaran tersebut, rasul Paulus menyampaikan bahwa kita dapat dibenarkan karena iman kepada Tuhan Yesus, bukan karena melakukan hukum Taurat.

Kisah hidup Abraham menjadi teladan yang diungkap oleh Paulus. Abraham percaya kepada Tuhan jauh sebelum ada hukum Taurat. Dan Abraham dibenarkan. “Lalu percayalah Abram kepada TUHAN, maka TUHAN memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran.” (Kejadian 15:6) Abraham percaya kepada Tuhan dan firman-Nya, dan dia taat dan melakukan kehendak Tuhan.

Perjalanan kehidupan Abraham menjadi contoh bagi kita. Abraham percaya akan janji Tuhan tentang suatu negeri yang dijanjikan, maka dia rela meninggalkan tempat kelahirannya untuk pergi sesuai perintah Tuhan. Abraham percaya janji Tuhan tentang keturunan yang tak terhitung jumlahnya, walaupun saat menerima janji itu, dia belum memiliki anak. Bahkan ketika Ishak, anak yang dijanjikan itu diminta Tuhan untuk dipersembahkan, Abraham taat melakukannya karena percaya kepada Tuhan yang berkuasa membangkitkan orang mati (Ibrani 11:19).

Sahabat, Abraham adalah teladan orang yang hidup oleh iman. Orang yang hidup oleh iman akan menjalani hari-hari dengan bergantung sepenuh kepada Tuhan. Kita mungkin saja mengalami banyak kesulitan, tantangan, atau masalah dalam hidup kita. Tetapi ketika kita menyandarkan hidup kita kepada Tuhan dan janji-Nya, kita akan tetap kuat dan akan menerima penggenapan janji Tuhan dalam hidup kita.

Saya percaya Sabahat juga akan diberkati, sama seperti Abraham diberkati Tuhan. Benarlah perkataan firman ini: “Jadi mereka yang hidup dari iman, merekalah yang diberkati bersama-sama dengan Abraham yang beriman itu.” (Galatia 3:9). Mari ambil komitmen untuk hidup dalam iman dan bertindak dalam ketaatan kepada Tuhan karena iman.

Jika Sahabat diberkati dengan firman Tuhan ini. Mari bagikan kepada keluarga dan orang lain, agar mereka juga diberkati. Puji Tuhan.

Ikuti Kami