4 Alasan Penting Jangan Bergantung Pada Satu Penghasilan

Finance / 30 June 2022

Kalangan Sendiri

4 Alasan Penting Jangan Bergantung Pada Satu Penghasilan

Aprita L Ekanaru Official Writer
782

Memiliki pendapatan yang pas-pasan di tengah harga kebutuhan pokok yang semakin meningkat, membuat sebagian orang memilih untuk memiliki penghasilan tambahan. Namun ada juga yang tidak melakukannya karena merasa cukup dengan penghasilan yang didapatkan dari pekerjaan tetap.

Padahal, memiliki penghasilan tambahan juga merupakan hal yang penting meski Anda telah memiliki penghasilan tetap di tempat Anda bekerja.

Penghasilan tambahan yang dimaksud adalah sumber penghasilan yang bisa Anda dapatkan dari melakukan pekerjaan lain diluar pekerjaan utama Anda. Pekerjaan ini bisa Anda dapatkan secara individu maupun bersama dengan beberapa rekan.

 

BACA JUGA: Nambah Pendapatan Selama Kerja di Rumah Bisa Kok. Coba 5 Kerjaan Ini Yuk!

 

Jika Anda belum memiliki penghasilan tambahan, berikut adalah alasan yang dapat Anda pertimbangkan dan manfaat yang akan Anda dapatkan ketika memiliki penghasilan tambahan:

1. Dapat mengatur waktu produktif

Jika Anda merupakan karyawan sebuah perusahaan, biasanya Anda memiliki waktu luang pada malam hari dan akhir pekan. Ada kalanya pada waktu-waktu tersebut Anda tidak memiliki kegiatan, sehingga ada waktu yang terbuang begitu saja untuk tidak melakukan aktivitas apapun dan membuat Anda menjadi tidak produktif serta tidak bijaksana dalam mempergunakan waktu luang Anda.

Namun, pilihlah pekerjaan sampingan yang Anda sukai seperti hobby sehingga Anda senang mengerjakannya. Memiliki pekerjaan sampingan dapat membuat Anda mempergunakan waktu luang yang Anda miliki dengan maksimal dan bonusnya Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

 

2. Meningkatkan rasa aman

Setiap kita pasti memiliki pengaturan dan strategi pengaturan keuangan masing-masing agar penghasilan yang didapatkan dapat mencukupi segala kebutuhan. Termasuk memikirkan resiko yang akan terjadi jika di suatu hari ada pemutusan kerja atau PHK.

Memiliki penghasilan sampingan di luar dari penghasilan utama dapat menyelamatkan dana darurat Anda, sambil Anda mememukan pekerjaan tetap yang baru. Pada akhirnya, Anda akan merasa lebih aman daripada hanya memiliki satu penghasilan saja.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA >>

Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami