Usul Cuti Melahirkan Jadi 6 Bulan, Apa Sih Manfaatnya Untuk Karyawan Perempuan?

News / 15 June 2022

Kalangan Sendiri

Usul Cuti Melahirkan Jadi 6 Bulan, Apa Sih Manfaatnya Untuk Karyawan Perempuan?

Claudia Jessica Official Writer
505

DPR RI mendorong adanya perpanjangan masa cuti melahirkan bagi karyawan perempuan menjadi 6 bulan lamanya melalui Rancangan Undang-undang (RUU) Kesejahteraan Ibu dan Anak (KIA). Sebelumnya, penetapan masa cuti melahirkan telah diatur dalam UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Tenaga Kerja yang mengatur cuti melahirkan selama 3 bulan.

RUU KIA ini difokuskan kepada masa pertumbuhan emas anak yang merupakan periode krusial tumbuh kembang anak dalam 1.000 hari pertama kehidupan (HPK) sebagai penentu masa depan serta pemulihan bagi ibu setelah melahirkan. Jika HPK tidak dilakukan dengan baik, hal tersebut dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak dan mengalami kecerdasan yang tidak optimal.

“DPR akan terus melakukan komunikasi intensif dengan berbagai pemangku kepentingan berkenaan dengan hal tersebut. Kami berharap komitmen pemerintah mendukung aturan ini demi masa depan generasi penerus bangsa,” ungkap Ketua DPR RI Puan Maharani, yang dikutip dari detik.com.

Sementara itu, RUU KIA juga mengatur penetapan upah bagi karyawan perempuan yang cuti melahirkan berupa 100% gaji akan diberikan selama 3 bulan pertama, dan 70%  untuk bulan berikutnya hingga masa cuti melahirkan selesai.

Lalu, apa manfaat yang bisa didapatkan dari masa cuti melahirkan 6 bulan bagi karyawan perempuan?

 

BACA JUGA: Justru di Masa-masa Kehamilan, Istri Butuh 5 Tindakan Kasih Ini Dari Suami

 

#1 Menjaga kesehatan menjelang persalinan

Untuk melahirkan anak yang sehat, tentu ibu harus dalam kondisi sehat dan fit menjelang persalinan. Mental seorang ibu yang hendak melakukan persalinan juga harus dijaga agar persalinan dapat berjalan dengan lancar.

Pekerjaan dapat menyebabkan seseorang merasa stres. Maka dari itu, cuti melahirkan dapat membantu ibu menjaga kesehatan menjelang persalinannya tanpa harus memikirkan pekerjaan di kantor.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Sumber : suara.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami