Hepatitis Misterius Terus Meningkat, Kata Ahli Bisa Dicegah Dengan Langkah Ini

Health / 7 May 2022

Kalangan Sendiri

Hepatitis Misterius Terus Meningkat, Kata Ahli Bisa Dicegah Dengan Langkah Ini

Lori Official Writer
690

Kasus hepatitis misterius yang belakangan ditemukan di berbagai belahan negara kini ditemukan sudah muncul di Indonesia. Seperti diberitakan sebanyak tiga anak diklaim meninggal dunia akibat hepatitis yang tengah mewabah. 

Seperti diketahui, ketiga anak rujukan rumah sakit Jakarta Timur dan Jakarta Barat tersebut meninggal di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional (RSUPN) Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta. Dokter Spesialis Anak sekaligus Pakar Kesehatan Bidang Gastroenterologi, Prof Hanifah Oswari sendiri menyatakan bahwa ketiganya tersebut sudah dirawat di rumah sakit dengan kondisi sakit yang berat. Hingga akhirnya ketiganya meninggal dunia dalam kurun waktu yang berbeda sepanjang dua minggu terakhir hingga 30 April 2022 lalu. 

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyampaikan bahwa ketiga anak tersebut mengalami gejala yang sama seperti keluhan di saluran cerna, mual, muntah dan diare hebat. Sayangnya, Kemenkes masih belum menemukan penyebab utama dari hepatitis misterius tersebut.

 

Baca Juga: Yuk Kenali Adenovirus 41F yang Diduga Dalang Penyebab Hepatitis Akut Pada Anak

 

Cara Pencegah Hepatitis Akut Pada Anak

WHO melaporkan bahwa sebanyak 200 kasus hepatitis akut telah menjangkiti anak di 16 negara. Untuk mengetahui penyebab utama penyakit ini, para ahli pun sudah mulai melakukan penelitian yang lebih mendalam.

Sementara penyebabnya masih dicari, para orang tua dihimbau untuk melakukan langkah pencegahan yaitu dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Menurut Prof. Hanifah langkah yang bisa dilakukan diantaranya:

1. Menjaga kebersihan dengan cara mencuci tangan dengan sabun.

2. Memastikan makanan atau minuman yang dikonsumsi benar-benar matang dan steril.

3. Tidak menggunakan alat makan bersamaan dengan orang lain. 

4. Menghindari kontak anak-anak dari orang sakit.

5. Menerapkan protokol kesehatan Covid-19, seperti memakai masker, menjaga jarak dan mengurangi mobilitas.

 

Baca Juga: Bisa Muncul Tanpa Gejala, Kenali 5 Jenis Penyakit Hepatitis

 

Dengan temuan tiga kasus hepatitis misterius di Indonesia ini, Prof. Hanifah mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada. Untuk mengenali penyakit ini bisa dilihat dari gejala awal yang dialami anak seperti mual, muntah, sakit perut, diare dan disertai dengan demam ringan.

Gejala ini akan semakin memburuk yang ditandai dengan warna air seni berubah menjadi pekat dan BAB berwarna gelap.

Jika mendapati gejala demikian, sangat disarankan untuk segera membawa anak ke fasilitas kesehatan terdekat. 

“Bawa lah anak-anak kita ke fasyankes terdekat untuk mendapatkan pertolongan dari tenaga kesehatan. Jangan menunggu sampai gejalanya lebih berat, karena kalau berat kita kehilangan momentum untuk bisa menolong lebih cepat. Apalagi kalau sampai sudah terjadi penurunan kesadaran, maka kesempatan untuk menyelamatkannya sangat kecil,” ungkapnya.

 

Baca Juga: Hepatitis B Dapat Terinfeksi Pada Bayi

 

Yuk para orang tua jangan pernah lengah ya. Tetap lakukan langkah pencegahan di atas agar buah hati kita terlindungi bukan saja dari hepatitis tetapi segala macam penyakit. Jangan lupa juga untuk terus berdoa supaya seluruh keluarga dijauhkan dari segala sakit penyakit.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami