Hepatitis B Dapat Terinfeksi Pada Bayi

Hepatitis B Dapat Terinfeksi Pada Bayi

Lori Official Writer
4347

Penyakit peradangan sel hati ini ternyata tidak hanya menyerang orang dewasa, bahkan bayi juga dapat terinfeksi. Infeksi virus ini terjadi bila sang ibu menderita hepatitis B. Sehingga saat persalinan, virus akan menyebar lewat kontak darah si ibu dan bayi. Selama masa kehamilan, hepatitis tidak dapat ditularkan kepada si bayi karena virus tidak mudah melewati plasenta atau ari-ari.

Bagi bayi yang menderita hepatitis ini, kemungkinan besar akan berisiko mengidap penyakit hepatitis kronis yang sulit disembuhkan bahkan dapat menimbulkan kematian.

Anda dapat mengenali serangan hepatitis ini pada bayi dengan beberapa gejala seperti:

1. Pembesaran hati

2. Sakit kuning karena peningkatan kadar bilirubin

3. Ascites atau penimbunan cairan dalam perut

4. Bayi sering tidak sadarkan diri

Ancaman infeksi hepatitis pada bayi

Hepatitis yang dialami oleh bayi ini biasanya adalah hepatitis B (VHB) yang menjadi salah satu penyebab awal dari kanker hati yang bersifat kronis. Bayi yang kurang dari 1 tahun akan lebih berisiko tinggi terkena hepatitis B sekitar 90 %. Sedangkan pada balita yang berusia 2-5 tahun berkisar 50 % dan berusia diatas 5 tahun hanya 5-10 % saja.

Pada bayi yang sudah positif mengalami hepatitis B ini, diperkirakan 25 % yang sudah dalam kondisi kronis akan berubah menjadi kanker jati atau sirosis (kerusakan pada organ hati).  

Cara pencegahan

Sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk melakukan pemeriksaan yang teratur. Bila awalnya masih belum mengetahui apakah terjangkit penyakit hepatitis, maka pastikan bahwa ibu bebas dari penyakit ini.

Lalu pada saat persalinan, mintalah suntikan immunoglobulin hepatitis B dalam waktu 24 jam setelah lahir untuk mencegah perkembangan virus hepatitis B. Setelah itu, lakukanlah imunisasi vaksin secara rutin untuk melindungi bayi dalam jangka waktu yang panjang.

Periksakanlah kesehatan diri dan kandungan Anda sedini mungkin. Bila Anda dinyatakan sehat, maka Anda tak perlu khawatir akan infeksi virus mematikan ini menjangkiti bayi Anda. Namun bila Anda memiliki riwayat penyakit demikian, segeralah melakukan pencegahan. Sebab kesehatan ibu terkait pada keselamatan bayi.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Waspada Hepatitis C, 185 Juta Penduduk Dunia Sudah Terjangkit

Penelitian Ungkap Yoga Dapat Sembuhkan Nyeri Punggung Kronis

Kista di Rahim Tidak Menghalangi Mujizat Tuhan

Susi Pudjiastuti, Wanita Sukses Bermodal 750 Ribu Rupiah Hingga Punya 50 Pesawat

Be Creative! Modal Bisnis Pengusaha Sukses

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com

Ikuti Kami