Tetap Bersukacita di Dalam Masa Sulit, Coba Lakukan 5 Hal Ini

Spirituality / 25 April 2022

Kalangan Sendiri

Tetap Bersukacita di Dalam Masa Sulit, Coba Lakukan 5 Hal Ini

Aprita L Ekanaru Official Writer
2377

Bersukacita menjadi sangat menantang ketika kita berada di dalam masa-masa sulit. Wajar untuk bergulat dengan emosi negatif selama Anda berada di dalam kondisi yang tidak baik. Namun, Anda dapat mengatasi emosi tersebut dengan cara terkoneksi dengan hadirat Tuhan, Anda masih dapat mengalami sukacita di tengah kesulitan.

Hal di bawah ini dapat Anda lakukan untuk bersukacita di masa-masa sulit:

1. Mulailah dengan Kebiasaan Kecil Namun Signifikan

Dimulai dengan melakukan kebiasaan kecil yang dapat membuat Anda gembira, bahkan ketika Anda tertekan oleh keadaan sulit. Kebiasaan-kebiasaan kecil yang tidak menyita waktu dan energi Anda. Namun hal ini harus dilakukan secara konsisten, agar dapat dapat berdampak nyata di kehidupan Anda. Seperti melakukan saat teduh setiap pagi, meminta Roh Kudus untuk hadir memperbaharui pikiran Anda. Pembaruan pikiran terjadi melalui ilham dari Roh Kudus, yang berfungsi sebagai penasihat, pembela, penolong, penghibur, dan guru kita (Yohanes 14:26).

Kebiasaan kecil namun signifikan lainnya yang dapat Anda praktikkan secara teratur adalah memilih cara menanggapi pikiran Anda. Ketika pikiran negatif memasuki pikiran Anda, Anda dapat memeriksanya apakah itu sejalan dengan kebenaran Tuhan atau tidak, jika tidak Anda dapat membuang pikiran tersebut. Dengan berfokus pada pikiran positif, Anda akan meningkatkan kemampuan untuk memperhatikan sukacita yang Tuhan berikan ke dalam hidup Anda.

 

BACA JUGA:

Yesus Sudah Menyediakan Rumah Kekal Bagimu, Bersukacitalah Hari Ini!

 

2. Pelajari dan Hafalkan Firman

Mengisi pikiran Anda dengan Firman Tuhan juga dapat membantu tetap fokus pada sukacita dalam situasi apapun. Berikut adalah ayat-ayat Alkitab tentang sukacita untuk menyemangati Anda selama masa-masa sulit:

“Semoga Allah sumber pengharapan memenuhi kamu dengan segala sukacita dan damai sejahtera dalam iman kamu, supaya oleh kekuatan Roh Kudus kamu berlimpah-limpah dalam pengharapan.” – Roma 15:13

“Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan, sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan.” – Yakobus 1:2-3

“Demikian juga kamu sekarang diliputi dukacita, tetapi Aku akan melihat kamu lagi dan hatimu akan bergembira dan tidak ada seorangpun yang dapat merampas kegembiraanmu itu daripadamu.” – Yohanes 16:22

“Sekalipun kamu belum pernah melihat Dia, namun kamu mengasihi-Nya. Kamu percaya kepada Dia, sekalipun kamu sekarang tidak melihat-Nya. Kamu bergembira karena sukacita yang mulia dan yang tidak terkatakan,” – 1 Petrus 1:8-9

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->>

3. Merayakan Kebaikan

Cara penting lainnya untuk menemukan bagaimana bersukacita dalam kesulitan adalah dengan merayakan kebaikan-kebaikan kecil di dalam hidup Anda. Anda dapat membuat agenda di kalender dalam kurun waktu satu tahun, seperti: merayakan hari kasih sayang (14 Februari), merayakan hari ulang tahun, makan malam bersama keluarga, dan masih banyak hari lainnya yang dapat Anda rayakan. Dengan merayakan hari-hari tersebut akan membuat Anda lebih bersyukur dan bersukacita atas hari baru yang Tuhan berikan di dalam hidup Anda.

 

4. Bersyukur atas Berkat Tuhan

Rasa syukur membantu Anda menemukan sukacita dengan mengarahkan fokus pada banyak berkat yang telah Tuhan curahkan ke dalam hidup Anda. Bahkan di masa-masa sulit, Anda masih bisa menemukan banyak berkat yang bisa disyukuri. Ingatlah bahwa bahkan nafas Anda berikutnya adalah hadiah dari Tuhan. Jangan anggap remeh apapun. Pertimbangkan untuk membuat jurnal rasa syukur, Anda dapat menuliskan daftar berkat setiap hari dan mempelajari masa lalu Anda kapan pun Anda membutuhkan dorongan.

Latihan lain yang harus dicoba adalah mengucap syukur dalam doa untuk bagian-bagian yang baik dari hari Anda sebelum tidur. Anda pasti akan menemukan sesuatu yang menyenangkan, apa pun yang terjadi. Berkat sederhana – seperti senyuman dari anak Anda, pelukan dari hewan peliharaan Anda, atau makanan yang lezat dapat memberi Anda kegembiraan yang mendalam saat Anda meluangkan waktu untuk menikmatinya. Semakin banyak Anda mengungkapkan rasa syukur, semakin Anda melatih pikiran Anda untuk menikmati berkat dari pekerjaan Tuhan dalam hidup Anda, berkat itu mengarahkan Anda kepada Tuhan, yang dapat memberi Anda sukacita yang Anda butuhkan.

 

5. Tetaplah Menjalin Komunikasi dengan Tuhan

Tuhan adalah sumber segala sukacita, jadi penting untuk sering berkomunikasi dengan-Nya agar tetap fokus pada sukacita. Doa (berbicara dengan Tuhan) dan meditasi (mendengarkan Tuhan) membantu Anda tetap berhubungan dengan Sang Pencipta. Anggaplah berkomunikasi dengan Tuhan sebagai kesempatan, bukan sebagai kewajiban. 

 

BACA JUGA:

Kenapa Bersukacita Itu Penting Buat Orang Kristen?

 

Saat Anda menghadapi masa-masa sulit, bersandarlah pada hubungan Anda dengan Tuhan. Anda akan menemukan sukacita di dalam hadirat Tuhan, tidak peduli kesulitan apa pun yang Anda alami, karena Tuhan akan berjalan bersama Anda melalui setiap musim kehidupan Anda.

Sumber : Crosswalk.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami