Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
666


Bersukacita atau dalam bahasa umumnya bahagia menandakan bahwa seseorang dalam suasana hati yang baik. Di dalam Alkitab, perasaan ini digambarkan dengan perasaan sukacita.

Sukacita sendiri gak lepas kaitannya dengan iman, pengharapan dan kasih.

Tapi siapa kira, untuk tetap punya hati yang bersukacita itu bisa dibilang susah-susah gampang loh. Kita bisa saja ketemu orang yang penuh sukacita. Tapi di sisi lain ada juga orang yang menunjukkan ekspresi murung dan tanpa tak bersukacita.

Ya, tentu saja bagi kita akan sangat mudah bersukacita saat usia kita masih muda, sehat dan punya pekerjaan yang baik dibanding dalam kondisi sudah tua, sakit-sakitan dan berjuang secara finansial.

Sementara bagi orang-orang Kristen, masih banyak yang berpikir bahwa gambaran dari iman yang mendalam adalah keseriusan dan sukacita itu hanya dianggap sebagai kondisi spiritual yang dangkal. Benarkah begitu?

Sukacita adalah ekspresi kebahagiaan karena Alkitab menyampaikan hal ini kepada semua pengikut Kristus. “Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah!” (Filipi 4: 4)

Baca Juga :

Bukannya Baik, Terlalu Banyak Vitamin D Malah Sebabkan Berbagai Penyakit Ini Loh!

Bersih-Bersih Dapur Ala Marie Kondo Ternyata Efektif Atasi Masalah Kesehatan Ini Loh!

Kenapa bersukacita penting dalam kehidupan orang Kristen?

Pertama, sukacita baik bagi kerohanian kita.

Sukacita berkaitan erat dengan kepuasan yang mendorong kita menunjukkan kasih kita kepada orang lain. Selain itu, sukacita juga meningkatkan sistem kekebalan rohani kita dan membuat kita kebal terhadap godaan seperti hal-hal negatif, kepahitan dan kemarahan.

Di dunia sekuler, prinsip ini juga dipakai yaitu bahwa sukacita dianggap sebagai obat untuk memberikan kesegaran bagi tubuh dan jiwa.

Kedua, sukacita baik bagi kehidupan sosial.

Tertawalah dan dunia akan tertawa bersamamu;menangislah maka kamu akan menangis. Demikian sebuah pepatah yang artinya bahwa orang-orang yang bersukacita disenangi sementara mereka yang murung atau bersedih hati akan dijauhi.

Hal ini membuktikan kalau sukacita itu bisa menularkan hal positif kepada orang lain.

Ketiga, sukacita itu secara medis baik bagi kesehatan.

Di Amsal 17: 22 dikatakan bahwa, ‘Hati yang gemberi adalah obat…” Dan semua dokter pasti setuju dengan ayat ini. Sukacita itu bisa melenyapkan perasaan stress di dalam pikiran. Karena ahli medis telah membuktikan bahwa pasien yang tetap bersukacita akan sembuh jauh lebih cepat dibanding dengan pasien yang stress, tertekan dan tak punya harapan. Selain itu, mereka yang bersukacita tidak hanya punya umur panjang, tapi juga punya kualitas hidup yang lebih baik.

Jadi, bagaimana kita bisa mengalami sukacita? Belajar untuk membagikan kasih lebih dulu kepada orang lain. Karena dengan memberi kita akan mengalami sukacita sejati. Selain itu, dengan memiliki hati yang selalu bersyukur. Rasa syukur yang kita miliki akan membuat kita tidak kehilangan sukacita.

Hal yang lebih sederhana yang bisa dilakukan untuk mendapatkan sukacita adalah dengan menyeimbangkan kehidupan. Seimbangkan waktu antara bekerja, olahraga dan menikmati hidup. Tertawalah sebebas mungkin dan nikmati momen-momen yang terjadi dalam hidupmu dengan sukacita.

Dan yang paling penting adalah renungkanlah setiap waktu tentang apa yang dikatakan Paulus dalam Roma 15: 13.

“Semoga Allah, sumber pengharapan, memenuhi kamu dengan segala sukacita dan damai sejahtera dalam iman kamu, supaya oleh kekuatan Roh Kudus kamu berlimpah-limpah dalam pengharapan.”

Sumber : Christiantoday.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Dimas Diang 16 September 2019 - 13:44:33

Bagian excelnyang berisi alamat suatu sel

0 Answer

Armin Maulana 15 September 2019 - 18:57:54

Sebuah kapasitor keping sejajar diudara mempunyai .. more..

0 Answer

marsel sihombing 14 September 2019 - 20:37:08

perkataan kotor

0 Answer


Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

The Kicker Ellex 26 August 2019 - 18:40:31
Salam sejahtera para sahabat... Perkenalkan, nama ... more..

Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Banner Mitra September week 3


7272

advertise with us