Fakta yang Mungkin Belum Kamu Ketahui Tentang Kartini dan Hal yang Bisa Kita Pelajari

News / 21 April 2022

Kalangan Sendiri

Fakta yang Mungkin Belum Kamu Ketahui Tentang Kartini dan Hal yang Bisa Kita Pelajari

Contasia Christie Official Writer
422

Ada yang ingat ini hari apa? Ya hari ini biasa kita rayakan sebagai hari Kartini. Raden Ajeng Kartini atau yang lebih dikenal dengan RA Kartini terus dikenang hingga saat ini. Dia mengingatkan kita akan makna dari emansipasi, pendidikan, dan kesetaraan gender.

Ada 5 hal yang mungkin belum Anda ketahui tentang RA Kartini. Berikut ini ulasannya:

1. Kartini adalah perempuan pribumi keturunan bangsawan

Berasal dari keluarga bangsawan dan putri dari bupati Jepara bernama Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat dengan M.A. Ngasirah, Kartini lahir di Jepara, Jawa Tengah. Karena keturunan bangsawan, Kartini boleh mengenyam pendidikan di Europese Lagere School atau ELS.

 

2. Kartini belajar menulis saat dipingit

Karena perempuan saat itu hanya boleh menempuh studi sampai umur 12 tahun dan dipingit untuk menunggu waktu menikah, Kartini tidak tinggal diam di rumah. Ia belajar menulis surat kepada teman-teman korespondensinya di Belanda.

 

3. Kartini menulis surat berisi pemikiran terkait berbagai masalah

Mengutip Intersections, suratnya berisi pemikiran Kartini tentang berbagai masalah tradisi feudal yang menindas, terutama untuk perempuan Jawa.

 Baca juga : 7 Cara Didik Anak Perempuan Biar Tumbuh Jadi Pribadi yang Kuat

 

4. Kartini menikah dengan Bupati Rembang K.R.M Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat

12 November 1903, RA Kartini yang pada saat itu berusia 24 tahun menikah. Dia beruntung mendapatkan suami yang mendukung keinginannya untuk menaikkan derajat perempuan agar setara dengan laki-laki. Suaminya juga mendukungnya membangun sekolah perempuan, yang kini menjadi Gedung Pramuka.

 

5. Surat-surat Kartini diterbitkan menjadi buku

Setelah Kartini meninggal, surat yang dikirimkan olehnya kepada teman-temannya di Belanda dikumpulkan oleh Jacques Henrij Abendanon, Menteri Kebudayaan Agama dan Kerajinan Hindia Belanda dan dijadikan sebuah buku.

Dari kelima fakta ini, kita bisa belajar banyak hal bahwa wanita juga punya peran dan bisa menjadi dampak. Bahkan dalam Alkitab dituliskan bagaimana seorang istri bisa begitu berpengaruh bagi suami, keluarga, bahkan lingkungan sekitarnya (Amsal 31:10-29). Apakah Anda sendiri juga mau menjadi dampak dan pahlawan generasi di Indonesia?

Jika ya, mari dukung kami dan menjadi Mitra CBN demi terciptanya generasi anak, pemuda, dan dewasa yang mengasihi Tuhan serta mencintai  Firman-Nya. Caranya dengan klik di bawah ini…

SAYA DUKUNG

Sumber : kumparan
Halaman :
1

Ikuti Kami