7 Cara Didik Anak Perempuan Biar Tumbuh Jadi Pribadi yang Kuat

Parenting / 21 April 2022

7 Cara Didik Anak Perempuan Biar Tumbuh Jadi Pribadi yang Kuat

Lori Official Writer
634

Di hari Kartini ini, kita diingatkan pentingnya peran seorang perempuan. Jika Anda adalah orang tua yang memiliki anak perempuan, Anda tentunya memiliki harapan supaya dia tumbuh menjadi anak perempuan yang kuat, berani, percaya diri, tangguh dan membawa pengaruh. 

Kelak ketika tumbuh dewasa, Anda berharap dia bisa mengambil tindakan, membuat pilihan yang tepat atas hidupnya, tergerak melakukan kebaikan bagi orang lain, berpikir kritis akan dunia di sekitarnya dan berlaku adil kepada semua orang.

Bagaimana seharusnya orang tua mendidik anak perempuan supaya tumbuh menjadi pribadi yang kuat?

1. Menunjukkan identitasnya di dalam Tuhan

Tuhan menciptakan baik laki-laki dan perempuan dengan derajat yang sama. Jadi ajarkan tentang siapa dia dimata Tuhan dan bagaimana banyak tokoh wanita di dalam Alkitab seperti Ester, Maria, Lydia, Rut dan yang lainnya dipakai Tuhan untuk menjadi sosok yang berpengaruh bagi bangsanya.

Alkitab juga mendorong setiap perempuan untuk tidak merasa takut, sebaliknya menjadi pribadi yang kuat seperti sosok wanita yang ditulis di dalam Amsal 31 bahwa dia hanya memilih takut akan Tuhan.

Setiap perempuan akan terdorong untuk menjadi berani ketika dia tahu siapa dia di dalam Tuhan.

 

Baca Juga: Biar Anak Perempuanmu Tangguh Kayak Kartini, Ajarkan Dia 4 Hal Ini

 

2. Berikan kesempatan kepada anak untuk membuat keputusan

Untuk menghasilkan anak perempuan yang kuat, orang tua perlu melatih anak secara disiplin. Salah satu latihannya adalah dengan memberikan kesempatan kepada anak untuk mengambil keputusan sendiri.

Misalnya, biarkan dia memilih pakaiannya sendiri, mengambilkan makanan sendiri, memilih hobi dan cita-citanya sendiri.

 

3. Biarkan dia memecahkan masalahnya sendiri

Anak perempuan Anda tidak akan terlatih menjadi pribadi yang kuat ketika Anda selalu mencoba jadi pahlawannya setiap waktu. 

Biarkan anak mengatasi masalahnya sendiri. Anda hanya perlu memberikan panduan bagaimana dia seharusnya menghadapi masalah tersebut. Biarkan dia memutuskan apa yang perlu dia lakukan, bahkan jika Anda tidak setuju dengan pilihannya. Setidaknya, sebagai orang tua Anda hanya perlu mengingatkan bahwa apapun risiko dari pilihannya, dia harus bertanggung jawab atas hal itu.

 

Baca Juga: Dobrak Rasa Percaya Diri Anak Perempuanmu Dengan 11 Ayat Alkitab Ini…

 

4. Biarkan anak perempuan Anda tahu bahwa mereka dikasihi bagaimanapun kondisinya

Peran orang tua dalam hal ini adalah menunjukkan kasih sayang dan penghargaan atas keunikan yang anak punya. Dibalut dengan sedikit pujian akan sangat membantu anak perempuan Anda menjadi pribadi yang percaya diri. 

Dia membutuhkan pengakuan dari orang terdekatnya supaya dia bisa mengenal dirinya lebih baik. 

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : pbs.org
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami