4 Tanda Sebelum Kematian Yesus

Kata Alkitab / 14 April 2022

Kalangan Sendiri

4 Tanda Sebelum Kematian Yesus

Tiurma Ida Purba Official Writer
28501

Sebelum memperingati kematian Yesus Kristus ( Jumat Agung), terlebih dahulu umatNya memperingati Kamis Suci/ Kamis Putih.  Biasanya pastur mencuci kaki umat sama seperti Yesus mencuci kaki para muridnya. Ada 4 hal yang dialami Yesus sebelum disalibkan, diantaranya yaitu:

# Perempuan yang meminyaki Yesus dengan parfum dari buli-buli dan mengusapnya denga rambutnya

Matius 26:12-13 : Sebab dengan mencurahkan minyak itu ke tubuhKu, ia membuat suatu persiapan untuk penguburanKu. Aku berkata kepadamu : Sesungguhnya dimana saja injil ini diberitakan di seluruh dunia, apa yang dilakukannya ini adakan disebut juga untuk mengingat dia”.

Tanda pertama adalah ketika seorang perempuan ini memberikan minyak yang terbaik. Namun, ketika itu murid – murid Yesus, mengeluhkan sikap perempuan yang mengurapi Yesus dengan minyak yang mahal. Perempuan ini mengingatkan dan mengajarkan bahwa dalam mengikut Tuhan harus memberikan yang terbaik dari apa yang kita punya.

#Perjamuan malam Yesus dengan murid-muridnya.

Matius 26:18 : Jawab Yesus : “ Pergilah ke kota kepada si Anu dan katakan kepadanya : Pesan Guru: waktuKu hampir tiba; di dalam rumahmu lah Aku mau merayakan Paskah bersama-sama dengan murid-muridKu.

Tanda yang kedua ini adalah ketika Yesus mengajak para muridnya untuk makan bersama Sesungguhnya Yesus kembali mengingatkan bahwa waktu penebusan itu sudah semakin dekat. Dalam perjamuan ini Tuhan juga memberitahukan bahwa ada dua orang yang akan menyangkal dan menjualNya.

#Tanda dari keteladanan Yesus

Matius 20 :28 : Sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawaNya menjadi tebusan bagi banyak orang.

Tanda ketiga ini adalah peringatan Yesus kepada kedua belas muridNya, bahwa untuk duduk di sebelah kanan dan kiri Bapa, adalah bagaimana Bapa di Sorga telah menyediakanNya. Yesus mengatakan bahwa jika Anda ingin menjadi yang terbesar maka Anda harus melayani bukan dilayani.

#Pengkhianatan yang dilakukan Petrus dan Yudas

Matius 26 : 74 -75 : Maka mulailah Petrus mengutuk dan bersumpah : “ Aku tidak kenal orang itu”. Dan pada saat itu berkokoklah ayam. Maka teringatlah Petrus akan apa yang dikatakan Yesus kepadanya : “ Sebelum ayam berkokok, engkau telah menyangkal Aku tiga kali” Lali ia pergi ke luar dan menangis dengan sedihnya.

Tanda keempat ini adalah tanda terakhir ketika Yesus ingin ditangkap dan disalibkan. Yang pertama adalah ketika Yudas mencium Yesus lalu menjualnya. Kedua ketika ada perempuan yang bertanya kepada Petrus apakah dirinya mengenal Yesus, namun Petrus menyangkal Yesus 3 kali.

Inilah 4 tanda untuk memperingati Kamis Suci. Tanda – tanda ini mengingatkan kembali tujuan Yesus ke dunia yaitu untuk menebus umat manusia, termasuk Anda. Apakah Anda menyadari bahwa dalam penyaliban Yesus di atas kayu salib, Dia telah mati untuk Anda. Dia menebus dosa, menyembuhkan penyakit Anda, rela menjadi miskin agar Anda menjadi kaya, dan membawa Anda ke dalam terang.

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami