Fakta Alkitab: Perang Armagedon, Tanda Akhir Zaman

Fakta Alkitab / 12 April 2022

Fakta Alkitab: Perang Armagedon, Tanda Akhir Zaman

Claudia Jessica Official Writer
739

Perang Rusia-Ukraina tidak hanya menimbulkan pro-kontra, tapi juga memunculkan isu akhir zaman di kalangan Kristen. Bahkan ada yang mengaitkan dengan perang dunia ke 3 dan juga Perang Armagedon.

Lalu apa fakta alkitab tentang akhir zaman dan perang Armagedon?

 

Akhir Zaman

Akhir zaman atau hari kiamat dipercayai banyak orang sebagai masa musnahnya bumi ini. Pandangan ini tidak hanya berasal dari orang Kristen saja, tetapi juga dari beberapa agama lainnya.

Alkitab menggambarkan bahwa saat akhir zaman tiba, akan terjadi kesengsaraan sebelum Yesus Kristus datang untuk kedua kalinya ke dunia dan menghadapi anti Kristus. Peristiwa yang telah dinubuatkan oleh para nabi dan rasul ini tidak diketahui kapan akan digenapi.

 

Tanda-tanda Akhir Zaman

Tanda-tanda Akhir Zaman ditulis beberapa dalam kitab Injil, seperti Matius 24:15-22 dan Lukas 21:20-33.

Kita diminta untuk siap siaga dalam menantikan kedatangan Yesus kedua kalinya hingga janji Tuhan bahwa akan ada pengangkatan bagi orang-orang percaya digenapi (1 Tesalonika 4:13-18). Yesus sendiri mengajarkan tentang tanda-tanda akhir zaman, salah satunya adalah terjadinya banyak peperangan:

“Kamu akan mendengar deru perang atau kabar-kabar tentang perang. Namun, berawas-awaslah, jangan kamu gelisah; sebab semuanya itu harus terjadi, tetapi itu belum kesudahannya. Sebab bangsa akan bangkit melawan bangsa, dan kerajaan melawan kerajaan.” (Matius 24:6-7)

 

BACA JUGA: 5 Pokok Doa untuk Kedamaian dari Perang Rusia-Ukraina

 

Harmagedon

Wahyu 16:16 adalah satu-satunya ayat yang menulis tentang “Harmagedon”.

Kata Harmagedon berasal dari bahasa Ibrani “Har Megido” (הר מגידו), yang artinya “Bukit Megido.” Karena hal ini, perang Harmagedon kerap dihubungkan dengan Megido, yakni situs peperangan kuno di Israel, yang berada di 96 km utara Yerusalem.

Dalam Perjanjian Lama, kata Megido muncul beberapa kali sebagai tempat peperangan. Beberapa diantaranya adalah:

- Di Lembah Megido juga tercatat kemenangan bangsa Israel yang di pimpin Hakim Barak atas orang Kanaan (Hak. 5).

- Perang antara antara Firaun Nekho dari Kerajaan Mesir dengan Kerajaan Yehuda yang dipimpin Yosia. Raja Yosia kemudian mati di Megido (2 Raja-raja 23:29).

Kota Megiddo saat ini dikenal dengan nama Tell al-Mutesellim (Bahasa Arab). Perang di wilayah perbukitan Megido bukan hanya tercatat di Alkitab, tapi juga dalam sejarah dunia.

Perang dunia pertama mencapai wilayah Megido. Saat itu Inggris yang dipimpin oleh Jenderal Edmund Henry Hynman Allenby melawan pasukan Ottoman. Puncak dari peperangan ini membuat kekuasaan Kesultanan Turki Ottoman di tanah Palestina berakhir.

 

Penafsiran Ahli Alkitab

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Sumber : jawaban channel
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami